Rooney Bela Moyes

id rooney

Rooney Bela Moyes

Wayne Rooney. (REUTERS/Nigel Roddis)

London (ANTARA News) - Para pemain Manchester United telah menyebabkan David Moyes membuat awal terburuk klub itu sejak 1989, kata striker Wayne Rooney seperti dikutip AFP.

Juara bertahan Liga Premier ini menang 2-1 dari Sunderland Sabtu pekan lalu, namun mereka baru mengemas 10 poin dari tujuh laga pertama mereka di Liga Premier dan menduduki peringkat sembilan dengan terpaut enam poin dari pemuncak klasemen Arsenal.

Moyes telah berada di bawah pengawasan ketat sejak menggantikan pelatih legendaris United Alex Ferguson, namun Rooney meyakini pemain harus tahu diri mereka juga ikut andil dalam kegagalan tim belakangan ini.

"Jelas manajer sedikit berada di bawah tekanan namun kami tahu sebagai tim adalah kami yang telah mengecewakan dia," kata dia seperti dikutip AFP.

"Kami harus bekerjasama dengan manajer dan menunjukkan tipikal berlaga seperti telah dilakukan di sini  (pada kemenangan 2-1 Sabtu lalu di Sunderland) dan kami akan baik-baik saja.

"Ini akan menjadi musim transisi karena ini adalah manajer baru yang berbeda gaya dan kami harus beradaptasi dengan itu. Yang lebih penting, kami mesti lebih baik lagi untuk dia ketimbang yang telah kami persembahkan."

Moyes berjudi dengan menurunkan gelandang berusia 18 tahun Adnan Januzaj yang pertama kali diturunkan di liga.

Pemain muda kelahiran Belgia itu membayar kepercayaan Moyes dengan mempersembahkan dua gol kemenangan yang indah di babak kedua.

Rooney yakin keputusan memainkan Januzaj adalah bukti dari keberanian Moyes.

"Ada tekanan besar kepada kami namun manajer telah mempercayakan dia  (Januzaj) dan dia membayar itu," kata Rooney.

"Dia sangat percaya diri, menarik sekali untuk dilihat. Banyak pemain muda yang turun dengan agak takut-takut dan malu-malu, tapi dia kelihatan nyaman dan yakin pada kemampuannya sendiri yang memang Anda perlukan."

"Adalah keputusan berani untuk memainkannya dan kami senang itu terbayar." (skd)