Telaga Sarangan Ramai

id telaga sarangan, wisata

Telaga Sarangan Ramai

Telaga Sarangan (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Magetan (antarasulteng.com) - Jumlah pengunjung objek wisata Telaga Sarangan di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, meningkat signifikan selama libur panjang akhir-awal pekan bertepatan Hari Raya Idul Adha 2013.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pos Retribusi Telaga Sarangan, Kuswinardi, Selasa, mengatakan, peningkatan kunjungan signifikan sejak Sabtu (12/10) hingga Selasa (15/10).

"Pengunjung mulai ramai pada hari Sabtu lalu mencapai sekitar 2.000 orang. Jumlah tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan hari biasa yang rata-rata sekitar 1.000 orang," ujar Kuswinardi saat dihubungi.

Menurut dia, puncak kunjungan selama libur panjang akhir-awal pekan kali ini terjadi pada Minggu (13/10) dengan jumlah mencapai sekitar 5.000 orang. Sedangkan pengunjung pada Senin (14/10) mencapai sekitar 2.500 orang.

"Untuk hari Selasa diperkirakan pengunjungnya sekitar 3.000 orang. Sehingga total pengunjung selama libur akhir-awal pekan bertepatan Idul Adha 2013 diperkirakan lebih dari 10.000 orang," kata dia.

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung tersebut disebabkan karena masyarakat ingin memanfaatkan momentum libur akhir-awal pekan untuk piknik bersama keluarga.

"Telaga Sarangan sudah cukup dikenal, sehingga saat liburan pasti menjadi salah satu objek tujuan untuk berwisata," kata Kuswinardi.

Selain itu, momentum Hari Raya Idul Adha juga tidak jauh berbeda dengan saat lebaran yang identik dengan kegiatan mudik. Sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Telaga Sarangan tidak hanya dari Magetan saja, namun juga dari luar kota.

"Para pengunjung berasal dari luar kota yang sedang mudik ke daerah Magetan dan sekitarnya. Setelah pelaksanaan kurban mereka berwisata ke Sarangan," katanya.