Kopertis Dorong Penelitian Jelang Komunitas Asean 2015

id kopertis

Kopertis Dorong Penelitian Jelang Komunitas Asean 2015

(antara)

Denpasar,  (antarasulteng.com) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII Bali-Nusa Tenggara mendorong para dosen meningkatkan kompetensi menjelang pemberlakuan Pasar Bersama ASEAN 2015 dengan meningkatkan penelitian dan hasil kegiatan akademis itu.

"Dengan peningkatan hasil penelitian diharapkan kompetensi dosen pun meningkat," kata Koordinator Kopertis Wilatah VIII Bali-Nusa Tenggara, Prof I Nyoman Sucipta, di Denpasar, Jumat.

Menurut dia, pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Tinggi telah memberikan hibah sebesar Rp9,5 miliar pada tahun 2014 yang salah satunya untuk mendanai kegiatan penelitian tenaga pendidik perguruan tinggi.

Jumlah itu, kata dia, melonjak drastis jika dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah Rp2 miliar.

"Salah satunya dana itu diperuntukkan untuk penelitian, bimbingan teknis, dan memotivasi dosen untuk melakukan penelitian," ucapnya.

Ia mengharapkan agar para dosen yang berada di bawah naungan Kopertis Wilayah VIII untuk memanfaatkan hal tersebut untuk menuangkan ide dan ilmu pengatuan dengan menghasilkan penelitian yang diharapkan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat terlebih akan dibukanya pasar bebas untuk kawasan ASEAN 2015.

"Semua dosen memiliki kesempatan itu untuk memanfaatkan hibah tersebut. Seberapa besar dosen memanfaatkan dana itu tersebut, dan itu perlu mendapat motivasi," katanya.

Di Kopertis Wilayah VIII terdapat 154 perguruan tinggi swasta dengan jumlah tenaga pendidik yang mencapai ribuan orang.

Nantinya dengan adanya hasil penelitian itu akan berimbas untuk meningkatkan daya saing, kekayaan intelektual, hak paten, teknologi tepat guna yang berujung untuk kesejahteraan masyarakat.(skd)