Harga Bawang Merah Di Palu Melambung

id bawang, tomat

Harga Bawang Merah Di Palu Melambung

Illustrasi - Seorang nelayans edang memanen bawang merah di kebunnya. (ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Harga bawang merah di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah terus melambung erat kaitanya dengan permintaan masyarakat meningkat menjelang ramadhan.

Di Pasar Masomba Palu, salah satu dari sejumlah pasar tradisional di ibu kota provinsi itu, harga bawang merah dalam dua pekan ini sudah dua kali mengalami kenaikan.

Pekan lalu harga bawang merah naik dari Rp15 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram, kini pada pekan ini naik lagi menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Menurut Ny Ririn, salah seorang pedagang sayur-mayur kenaikan tersebut dipicu permintaan masyarakat menjelang ramadhan meningkat.

Sementara itu, katanya stok kebutuhan pokok tersebut di pasaran semakin berkurang menyusul banyak petani yang gagal panen karena dampak dari curah hujan di sentra-sentra produksi tinggi.

Selama ini bawang merah yang dijual di pasar-pasar di Kota Palu merupakan produksi petani di Kabupaten Sigi dan Poso.

Kedua daerah itu merupakan pusat pengembangan tanaman pertanian hortikultura.

Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan harga bawang merah akan terus bergerak naik kalau suplai dari produsen terus berkurang dan permintaan semakin meningkat.

Selain itu, cukup banyak pedagang di Palu yang juga mengantarpulaukan kebutuhan pokok tersebut keluar daerah seperti Gorontalo, Manado dan Kalimantan Timur.

Khusus harga bawang putih masih bertahan pada kisaran Rp20.000 per kilogram. Stok bawang putih di pasaran cukup banyak.

Kepala Seksi Usaha dan Sarana Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Sulteng, Rudi Zulkarnain membenarkan ada beberapa kebutuhan pokok masyarakat yang mulai bergerak naik.

Kebutuhan pokok yang bergerak naik, termasuk gading ayam, daging sapi, telur dan bawang merah.

Kenaikan harga lebih dipicu meningkatnya permintaan masyarakat menjelang puasa dan lebaran.

Menurut dia, stok cukup banyak, kecuali bawang merah memang agak kurang karena produksi petani turun akibat pengaruh curah hujan tinggi di sejumlah sentra produksi.

Harga daging sapi dijual di pasaran setempat mencapai Rp95 ribu per kilogram, daging ayam Rp21.000,00 per kilogram dan telur ayam Rp1.100,00 per butir.(skd)