Rekapitulasi Suara Di PPS Kota Palu Rampung

id kpu

Rekapitulasi Suara Di PPS Kota Palu Rampung

Suasana Rapat Pleno KPU Kota Palu untuk menetapkan DPT 2014, Jumat (1/11) (Antarasulteng/Anas Massa)

Sekarang ini, hasil rekapitulasi itu telah diserahkan PPS kepada panitia pemilhan kecamatan (PPS) setempat
Palu,  (antarasulteng.com) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Palu, Marwan P Angku mengatakan penghitungan dan rekapitulasi suara hasil Pilpres 9 Juli 2014 di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu sudah rampung.

"Sekarang ini, hasil rekapitulasi itu telah diserahkan PPS kepada panitia pemilhan kecamatan (PPS) setempat," katanya di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan sesuai dengan mekanismen KPU yang mengatur mengenai pilpres, hasil pemungutan suara di setiap TPS diserahkan ke PPS kelurahan/desa masing-masing.

Selanjutnya setelah dilakukan rekapitulasi oleh PPS langsung di serahkan ke PPK dan diteruskan ke KPU sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan.

Jadi, hasil rekapitulasi hasil pilpres sekarang ini masih ada di tangan PPK.

Menurut Marwan, pilpres yang berlangsung (9/7) di 45 kelurahan dari delapan kecamatan di Palu berjalan lancar dan aman.

Tidak ada gangguan apapun. KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) rata-rata dapat melaksanakan pemungutan suara pada hari H tanpa adanya hambatan atau gangguan.

"Saya sangat bersyukur sekali karena pilpres di Palu berlangsung aman dan lancar," katanya.

Meski masih banyak warga yang tidak memilih, tetapi dapat dipastikan tingkat partisipasi pemilih pilpres meningkat dibandingkan pemilu legislatif (pileg).

KPU Palu menargetkan tingkat partisipasi masyarakat untuk pilpres mencapai 75 persen. "Dan saya optimistis target partisipasi tersebut tercapai," katanya.

Sementara Ketua PPS Keurahan Tatura Selatan, Welem Tambing membenarkan rekapitulasi hasil pilpres dari TPS, kini sudah diserahkan ke PPK.

"Sejak Jumat (11/7), hasil rekapitulasi suara hasil Pilpres pada 9 Juli 2014 sudah di serahkan ke PPK Kecamatan Palu Selatan," katanya.

Ia juga mengatakan pelaksanaan pilpres di kelurahan Tatura Selatan berjalan lancar dan tidak ada gangguan apapun.

Khusus di Tatura Selatan yang meraih suara terbanyak adalah pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, tanpa merincinya.

Jumlah warga yang wajib memilih di kelurahan itu sesuai DPT (daftar pemilih tetap) yang dikeluarkan KPU Kota Palu sebanyak 8.700 orang.

Jumlah TPS pilpres di Kelurahan Tatura Selatan tercatat 19 TPS.

Data KPU menyebutkan total pemilih pilpres di Palu mencapai 249 ribu orang dengan jumlah TPS 621 tersebar di 45 kelurahan dari delapan kecamatan. (skd)