KPU Palu Mulai Hitung Suara Di Kecamatan

id kpu

 KPU Palu Mulai Hitung Suara Di Kecamatan

Ilustrasi (ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu saat ini mulai menghitung perolehan suara Pilpres 2014 di tingkat kecamatan.

Ketua KPU Kota Palu Marwan P Angku di Palu, Minggu, mengatakan proses penghitungan itu akan dilakukan serentak pada Minggu (13/7) malam sekitar pukul 21.00 WITA.

"Jadi, setelah Shalat Tarawih, petugas pemilihan kecamatan mulai merekapitulasi suara dari tingkat kelurahan," katanya.

Di Kota Palu sendiri terdapat delapan kecamatan yakni Kecamatan Palu Barat, Kecamatan Tatanga, Kecamatan Palu Timur, Kecamatan Tawaeli, Kecamatan Palu Utara, Keamatan Ulujadi, Kecamatan Palu Selatan, dan Kecamatan Mantikulore.

Sebelumnya, panitia pemungutan suara di tingkat kelurahan telah menyelesaikan proses rekapitulasi suara dari tempat pemungutan suara (TPS).

Saat ini, seluruh kotak suara berisi surat suara telah disimpan di kantor kecamatan. Kantor kecamatan itu dijaga ketat oleh beberapa polisi bersenjata.

Marwan mengatakan proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan itu akan selesai selama satu hari dan selanjutnya bisa diserahkan ke KPU Kota Palu untuk diplenokan.

Dia berharap proses rekapitulasi suara itu berlangsung aman dan lancar seperti saat pemungutan suara.

Semetara itu hasil hitung cepat yang dirilis LKBN ANTARA dan LPP RRI menyebutkan pasangan Joko Widodo-M Jusuf Kalla (Jokowi-JK) unggul 54,84 persen dibandingkan dengan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa di Provinsi Sulawesi Tengah pada Pilpres, 9 Juli 2014.

Hasil hitung cepat itu menunjukkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa meraih suara 45 persen dari 100 persen suara yang masuk.

Sementara itu, suara sah yang masuk di pusat penghitungan mencapai 99,29 persen dengan partisipasi sebanyak 74,41 persen.

Secara nasional pasangan Jokowi-JK juga memimpin dengan raihan 52,58 persen suara, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 47,42 persen.

Pilpres 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres-cawapres yakni pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan pasangan Joko Widodo-M Jusuf Kalla. (skd)