Sulteng Siapkan 13 Pedayung Ke Popnas Papua

id dayung

Sulteng Siapkan 13 Pedayung Ke Popnas Papua

ILustrasi-Atlit Dayung (antara)

Sulteng termasuk daerah yang memiliki banyak atlet dayung.
Palu - (antarasulteng.com) - Sulawesi Tengah telah mempersiapkan sebanyak 13 atlet terbaik untuk mengikuti Pekan Olahraga Antarpelajar Nasional (Popnas) di Papua, September 2014.

"Mereka sedang menjalani latihan ditangani dua orang pelatih," kata Edison Ardiles, Wakil Sekretaris KONI di Palu, Rabu.

Kedua pelatih yang sedang mengembleng para atlet Sulteng yang dipersiapkan berlaga di Popnas Papua itu adalah Andi Lanto dan Topan.

Khusus cabang dayung yang diperlombakan pada pentas olahraga tersebut, atlet Sulteng hanya turun pada nomor 500-1.000 meter dan roowing 2.000 meter.

Semua atlet yang akan berlaga di kejuaraan antarpelajar selama ini dibina melalui Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang dibangun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan Sulteng termasuk daerah yang memiliki banyak atlet dayung.

Sulteng sejak beberapa tahun ini telah banyak mencetak beberapa pedayung nasional yang telah mengharumkan daerah dan negara di berbagai kejuaraan internasional.

"Kita bertekad untuk terus mencetak atlet-atlet dayung yang handal melalui PPLP dan juga yang dibina khusus oleh Pengda Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sulteng," katanya.

Edison juga menambahkan pada Popnas di Papua September mendatang, Sulteng mengikuti beberapa cabang yang dipertandingkan, termasuk sepaktakraw, atletik dan pencaksilat.

Lokasi latihan para atlet yang dipersiapkan berlaga di Popnas Papua dipusatkan di Pantai Talise Palu.

Seorang pelatih dayung Sulteng, Andi Lanto optimistis cabang dayung di Popnas Papua berpeluang besar menyumbangkan medali. Lawan-lawan berat atlet Sulteng di Popnas selain tuan rumah, Sulsel dan Sultra.
(BK03)