Kopertis IX Rintis Kerja Sama Dengan Rusia

id kopertis

Kopertis IX Rintis Kerja Sama Dengan Rusia

Ilustrasi (antaranews)

Kerja sama dengan pihak kedubes ini membuka jalan dan peluang bagi kampus-kampus PTS di wilayah Sulawesi, khususnya membuka kerja sama dengan perguruan tinggi di kelola negara dan swasta di kedua negara tersebut
Makassar,  (antarasulteng.com) - Kopertis Wilayah IX Sulawesi merintis kerja sama bidang pendidikan dengan Negara Federasi Rusia dan Republik Belarus.

"Rencana kerja sama itu telah ditandatangani pernyataan kehendak (letter of intent) dengan Kedubes RI untuk Moskow 19 Oktober 2014 di Jakarta," kata Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Andi Niartiningsih MP di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, naskah kerja sama itu ditandatangi Dubes RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun.

Pada poin inti kerja sama itu, kedua belah pihak bersepakat mengadakan kerja sama saling menguntungkan dalam promosi dan peningkatan intensitas hubungan pendidikan di kedua negara tersebut.

Menurut dia, pihak kedubes akan membantu Kopertis IX menjajaki kerja sama dengan lembaga pendidikan dan penelitian pada bidang teknologi dan bidang lainnya yang disepakati bersama Rusia dan Belarus.

"Kerja sama dengan pihak kedubes ini membuka jalan dan peluang bagi kampus-kampus PTS di wilayah Sulawesi, khususnya membuka kerja sama dengan perguruan tinggi di kelola negara dan swasta di kedua negara tersebut," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kampus PTS juga bisa melakukan kerja sama berupa  pertukaran mahasiswa dan dosen termasuk melaksanakan KKN atau KKLP dan pengabdian pada masyarakat di kedua negara tersebut.

Dengan demikian, Andi Niar mengatakan, peluang kerja sama itu tidak boleh disia-siakan oleh pihak PTS d daerah ini. Hal itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas SDM dalam menghadapi pasar ekonomi bebas ASEAN pada 2015.(skd)