Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Donasi Melalui Pulsa

id ui

Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Donasi Melalui Pulsa

Logo Universitas Indonesia (wikipedia.org)

Depok (antarasulteng.com) - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menciptakan aplikasi donasi, Pushla yaitu sebuah aplikasi inovatif pertama di Indonesia yang memungkinkan pengguna mobile phone memberikan donasi melalui pulsa. 

"Pushla telah dapat diunduh masyarakat luas di Google Play sejak April 2015," kata Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti, di Depok, Jabar, Kamis.

Mahasiswa UI yang menciptakan aplikasi tersebut adalah Rafi Putra Arriyan, Ginanjar Ibnu Solikhin, Luqman Sungkar, Laila 

Mauhibah, dan Katri Adiningtyas, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) yang membuat aplikasi pulsa top-up berbasis HTML 5 dengan memanfaatkan Intel XDK. 

Berkat manfaat serta inovasinya, Aplikasi Pushla berhasil meraih juara satu pada ajang kompetisi Aplikasi Smartphone Tingkat Internasional Hackathon yang diselenggarakan oleh Startup Asia Singapore 2014 dalam di kategori Intel challenge. 

"Pembuatan Pushla berangkat dari keprihatinan Rafi Putra atau kerap disapa Ari saat magang di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tempat menyalurkan donasi bagi gerakan sosial," kata Felly. 

Para donatur sering kesulitan menggunakan sistem Automatic Teller Machine (ATM) atau sistem registrasi di situs web saat memberikan donasi. Selain itu, jumlah minimal donasi yang disyaratkan terkadang terlalu besar, sehingga pada akhirnya target donasi kegiatan sosial yang tidak tercapai.

Dikatakannya konsep yang diusung mahasiwa UI adalah kepraktisan dan kemudahan serta keleluasan jumlah nominal yang disumbangkan saat hendak berdonasi. Dengan aplikasi Pushla, maka berdonasi dilakukan hanya dengan satu klik melalui smartsphonenya. 

Pada layar utamanya lanjut Felly pengguna dapat langsung melihat proyek sosial yang sedang membutuhkan bantuan donasi lengkap 

dengan keterangan jumlah dana yang sudah terkumpul, target donasi, dan keterangan sisa hari dari waktu pengumpulan donasi. 

Ketika ingin melakukan donasi, pengguna cukup membuka program sosial yang diinginkan dari layar utama Pushla lalu menekan ikon "Donasi" yang tersedia. 

Pilihan nominal sumbangan pun sangat terjangkau. Mulai dari besaran Rp 2.000,00, pengguna sudah dapat memberikan donasi yang akan langsung dipotong dari pulsa pengguna secara real time. Dompet Dhuafa merupakan salah satu lembaga tujuan donasi aplikasi Pushla tersebut.

Sementara itu Rafi Putra mengatakan ia bersama tim nya akan terus mengembangkan aplikasi ini dengan menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga sosial agar lebih banyak lagi program sosial yang masuk ke Pushla. Dengan demikian aplikasi Pushla dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. (skd)