Kopertis IX Bertekad Lahirkan Wartawan Profesional

id kopertis

Kopertis IX Bertekad Lahirkan Wartawan Profesional

Ir. Sukemi saat memberitakn materi pelatihan junarlistik mahasiswa se PTS Sulteng (Foto Antara/ Yahya Mustafa)

Ini sudah menjadi tekad dan harus bisa terwujud
Palu,  (antarasulteng.com) - Kopertis Wilayah IX Sulawesi bertekad melahirkan wartawan profesional di setiap daerah, termasuk di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Ini sudah menjadi tekad dan harus bisa terwujud," kata Sekretaris Kopertis IX Dr Hawignyo di hadapan 50 mahasiswa perguruan tinggi swasta se-Sulteng yang mengikuti pelatihan jurnalistik dua hari di STIMIK Adiguna Palu, Kamis.

Ia berharap dari kegiatan tersebut akan lahir sejumlah wartawan profesional di daerah ini dan mampu bersaing dalam dunia kerja.

Karena itu, ia meminta para peserta mengikuti kegiatan dimaksud secara sungguh-sungguh sampai selesai.

"Manfaatkan kesempantan ini dengan baik, sebab semua narasumber yang akan membawakan materi jurnalistik adalah para pakar di bidang masing-masing," ujarnya.

Lewat pelatihan ini, katanya, para mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai tehnik meliput dan membuat berita, menulis artikel dan memotret sesuai standar jusrnalistik.

Ketua Panitia Pelaksana Drs.Ichsan Kasnul Faraby, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengatakan peserta berasal dari kampus PTS di Sulteng di antaranya Universitas Muhammadiyah Palu, Universitas Sintuwu Maroso Poso, STIMIK Adi Guna, dan kampus PTS lainnya.

Ia mengatakan pelatihan jurnalistik yang sama juga telah dilaksanakan di Manado, Makassar, Gorontalo dan Kendari.

Maksud pelatihan adalah agar mahasiswa punya pengetahuan menulis sehingga lebih memudahkan saat penulisan skripsi dan karya ilmiah lainnya.

Sejumlah narasumber dalam pelatihan tersebut antara lain Ir Sukemi, mantan wartawan Surabaya Pos dan mantan staf komunikasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Muh Nuh serta dosen ITS Surabaya, penulis buku Dr.Arifin Junaedi yang juga adalah dosen FISIP UI, Moh Yahya Mustafa, redaktur pelaksana majalah CERDAS Kopertis IX Sulawesi.

Peserta juga akan mengunjungi beberapa kantor media harian lokal di Palu.