Gubernur Gorontalo Jelajahi Pantai Teluk Tomini

id gorontalo

Gubernur Gorontalo Jelajahi Pantai Teluk Tomini

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) dan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu (kedua kanan) berpose bersama di depan pintu Jeep-Hammer milik Rusli Habibie sebelum meninggalkan obyek wisata Pantai Kayubura, Parigi, Kamis (5/5). (Antarasulteng.com/Rolex Malaha)

Rusli Habibie: ini adalah wujud komitmen kami memperhatikan masyarakat pesisir.
Parigi, Sulteng (antarasulteng.com) - Gubernur Gorontalo dan Ny. Rusli Habibie serta 100-an orang rombongannya, melakukan perjalanan menjelajahi jalan darat sepanjang pesisir Teluk Tomini dari Kota Gorontalo sampai Luwuk, Kabupaten Banggi Sulawesi Tengah, selama empat hari.

Kepada Antara di Parigi, Kamis, Gubernur Rusli Habibie menjelaskan bahwa pejalanan darat sepanjang sekitar 1.500 kilometer ini merupakan wujud komitmen bersama tiga gubernur di Teluk Tomini yakni Sulut, Gorontalo dan Sulteng untuk memperhatikan kesejahteraannmasyarakat pesisir.

"Ini rencana lama saya yang baru terwujud dimana kami bertiga gubernur Sulut, Gorontalo dan Sulteng memiliki komitmen tidak tertulis untuk membantu dan memperhatikan secara khusus pemberdayaan masyarakat di sepanjang pesisir Teluk Tomini," ujarnya sebelum meninggalkan eks lokasi Sail Tomini di Parigi untuk menlanjutkan perjalanan ke Poso.

Gubernur Rusli Habibie yang mengemudikan sendiri mobilnya jenis Jeep Hammer DM 1 RH didamping istrinya sebagai pengemudi cadangan serta diikuti 100-an staf yang terdiri atas sejumlah kepala dinas serta puluhan anggota perkumpulan pencinta mobil jeep di Gorontalo (Go-Jeep).

Rombongan yang menggunakan puluhan mobil yang umumnya jenis jeep dan Toyota Hardtop itu berangkat dari Gorontalo Rabu (4/5) pagi dan tiba di Parigi Rabu petang lalu menginap di lokasi puncak acara Sail Tomini 2015 di Dusun Kayubura, Kecamatan Pelawa Baru, Kabupaten Parigi Moutong.

Pada Rabu malam, gubernur dan rombongan bertatap muka dengan ratusan warga Gorontalo yang tinggal di Parigi Moutong yang tergabug dalam Keruknan Keluarga Gorontalo Indonesia (KKGI) parigi Moutong.

Pada pertemuan itu, gubernur menjanjikan membantu satu buah mobil ambulans untuk kepentingan KKGI setempat serta akan menyediakan lahan pemakaman khusus warga KKGI bila tersedia lahan dan sesuai dengan tata kota setempat.

Menurut Rusli, selama empat hari penjelajahan yang dilakukannya itu, ia akan menyapa warga Gorontalo yang ada di Ampana, Kabupaten Tojo Unauna dan Luwuk, Kabupaten Banggai, sebelum kembali ke Gorontalo pada Sabtu (7/5).

"Setiap pantai di Teluk Tomini ini psti ada orang Mndo-nya, orang Gorontalo dan orang Sulawesi Tengah dan anak bangsa lainnya dari berbagai daerah. Mereka semua harus diperhatikan, diberdayakan dan dibantu agar hidup lebih sejahtera dengan memanfaatkan potensi di teluk yang kaya dengan sumber daya alam baik perikanan, pariwisata maupun pertabangan ini," ujarnya.

Khusus kepada warga Gorontalo di Sulawesi Tengah, Gubernur Rusli Habibie minta agar menjalin kerja sama dan kerukunan yang semakin erat dengan semua elemen masyarakat di daerahnya serta memberikan ontribusi kepada pemerinth setempat dalam membangun daerah.

Gubernur Rusli Habibie juga memuji Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Bupati Parigi Moutong atas prestasi pembangunan yang telah dicapai.

Ia mengaku bangga kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan merasa malu sama Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu karena jalan raya trans Sulawesi di daerah ini sudah mulus sekali, sementara di Gorontalo baru mulai dibenahi. Masyarakatnya juga sangat tertib di jalan raya," ujar Rusli Habibie.

"Sejak memasuki wilayah Sulawesi Tengah, ban mobil saya tidak pernah terantuk lubang seperti jalan di wilayah Gorontalo. Saya kira hanya di Jakarta yang ada jalan tol, ternyata di Parigi Moutong juga sudah ada," ujarnya melukiskan mulusnya jalan raya di sepanjang pantai timur Sulawesi Tengah meskipun tidak berstatus jalan tol.

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu mengapresiasi penjelajahan darat Gubernur Gorontalo di sepanjang pesisir Teluk Tomini yang diyakininya akan memberikan semangat kepada pemerintah kabupaten dan seluruh masarakat pesisir Teluk Tomini yang dilintasi untuk membangun, memanfaatkan dan memelihara kelestarian Teluk Tomini.