Kominfo Siap Tindak Tegas Vendor Nakal

id kominfo

Kominfo Siap Tindak Tegas Vendor Nakal

Rudiantara. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan akan menindak tegas vendor smartphone yang meluncurkan perangkat 3G ready 4G untuk menghindari peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

"Ada beberapa kali diblock, ada yang jual dari marketplace ketahuan, kami tarik, kami surati yang jualnya tidak boleh diedarkan," kata dia, seusai menghadiri Indonesia LTE Conference 2016, di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan telah membicarakan hal tersebut dengan Menteri Perdagangan Thomas Lembong "Kebijakan mengenai TKDN memang dari kami, tapi saya berbicara dengan perdangangan karena distribusi berkaitan dengan perdagangan," ujar dia.

"Sudah saya lapor ke perdagangan, yang harus mencabut perdangangan," sambung dia.

Hadirnya perangkat 3G ready 4G tersebut juga dikeluhkan oleh penyedia jaringan. Pasalnya, perangkat yang tidak benar-benar mendukung teknologi 4G akan mempengaruhi kualitas jaringan yang menyebabkan buruknya kinerja operator di mata konsumen.

"Ada handphone ilegal yang merusak kualitas network operator. Kami berharap Kominfo dapat membantu secara lebih formal," ujar VP Technology Planning Telkomsel, Ivan C Permana.

Sementara itu, terkait dengan rencana pemblokiran game online, Menkominfo mengatakan hari ini akan menggelar rapat dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Siang ini saya rapat sama Kemendikbud dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan karena Permen-nya sudah siap," ujar Rudiantara.