Sabtu, 19 Agustus 2017

"Pers Harus Kedepankan Nasionalisme"

id lkbn, antara
Aat Surya Safaat (ist)
Bandar Lampung (antarasulteng.com) - Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara Aat Surya Safaat mengatakan pers harus mengedepankan nasionalisme dengan cara memberitakan hal baik tentang Indonesia. 

"Media di Indonesia kebanyakan memberitakan tentang huru hara di Indonesia, hal itu berdampak pada pandangan negara lain kepada Indonesia. Jika pemberitaanya positif maka negara lain akan memandang Indonesia positif," kata Aat saat sosialisasi UU KIP di Bandar Lampung, Kamis. 

Menurut dia, sejak awal reformasi media Indonesia mendapatkan kemerdekaannya, namun kebebasan itu digunakan secara berlebihan oleh beberapa media. 

"Banyak media yang memuat unsur sadisme pada berita, padahal di kode etik telah mengatur hal itu," kata dia.

Untuk meningkatkan kapasitasnya, wartawan juga hendaknya mengikuti Uji Kompetensi Wartawan.

"Ke depan ada ketetapan wartawan harus UKW. Tanpa itu abaikan saja. Saya harapkan mulai dari sekarang pewarta ikut UKW," ucap dia.

Pers pun harusnya mengandung unsur mendidik, mencerahkan, dan memberdayakan suara masyarakat. Selain itu, semangat nasionalisme juga harus dikedepankan dalam bingkai Republik Indonesia.

"Jangan sampai menempatkan negara lain di atas. Kita harus di atas. Pers juga harus berimbang, akurat, tidak beriktikad buruk. Peganglah kepercayaan dan selalu verifikasi," kata dia. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga