Kemenkominfo Pilih Desa Di Pohuwato Program "Broadbrand"

id kominfo

Kemenkominfo Pilih Desa Di Pohuwato Program "Broadbrand"

Kemenkominfo (ANTARA News/Handry Musa)

Gorontalo, (antarasulteng.com) - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memilih salah satu desa di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, guna menjalankan program "broadbrand" atau menggunakan aplikasi jaringan internet untuk berbagai kegiatan, baik sektor pertanian, perikanan dan lainnya.

Kepala Seksi Informatika di Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Pohuwato Iron Karama, Rabu mengatakan Desa Panca Karsa Satu di Kecamatan Taluditi yang telah dipilih sebagai Desa Broadband.

Menurutnya, dari 78 ribu desa di Indonesia, hanya tiga desa yang mendapatkan program tersebut, sementara di Provinsi Gorontalo akhirnya ditetapkan di kabupaten Pohuwato.

Program Broadbrand ini sangat penting, karena merupakan desa yang akan mendapat fasilitas aplikasi internet untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Adapun aplikasi tersebut dipasang di "smartphone" yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat Desa Panca karsa Satu, dengan tambahan pulsa gratis selama dua tahun.

Sementara yang menjadi syarat proggram tersebut ada tiga kategori penilaian, pertama merupakan desa pedalaman, kedua merupakan desa dengan sektor pertanian dan ketiga penghasil sektor perikanan.

Dari ketiga kategori itu dijelaskan bahwa Desa Panca karsa Satu masuk di dua kategori, yakni pedalaman dan mendukung di sektor pertanian.

"Untuk itu desa tersebut jadi sasaran Kemenkominfo dijadikan Broadbrand, dan aplikasi tersebut akan berisi informasi terkait harga pertanian, seperti jagung, kakao dan lain sebagainya untuk mendukung perekonomian masyarakat," katanya.

Keuntungan lain juga diaplikasi tersebut yakni tidak ada permainan harga yang bisa merugikan para petani, karena inforamasi harga langsung diketahui.

"Jadi para petani sudah langsung mengetahui informasi harga tanpa harus didapatkan dari orang lain," ujarnya.

Bahkan pemerintah kabupaten akan terus mengembangkan program dari Kemenkominfo ini untuk dapat menyebar ke desa-desa tetangga.