Harga Gula Pasir Di Banggai Capai Rp18.000

id gula

Harga Gula Pasir Di Banggai Capai Rp18.000

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Harga eceran gula pasir di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, kini telah mencapai Rp18.000/kg sehingga cukup memberatkan ibu-ibu rumah tangga di daerah itu.

"Harga gula saat ini merupakan tertinggi selama ini," kata Ny Fridayanti, seorang ibu rumah tangga di Luwuk, Ibu kota Kabupaten Banggai, Rabu.

Ia mengatakan normalnya harga gula pasir di pasaran setempat adalah Rp13.000/kg.

Hal senada disampaikan Ny Halifa yang bermukim di Kilo I Kota Luwuk yang menyebutkan bahwa harga gula saat ini cukup memberatkan warga.

Padahal, kata kedua ibu rumah tangga itu, stok gula pasir di pasaran cukup banyak, tetapi harganya terus bergerak naik.

Mereka menduga kejadian ini merupakan ulah para pedagang yang menaikkan sendiri harga agar bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

Karena itu, mereka mendesak kepada Pemkab Banggai segera menstabilkan kembali harga gula pasir di pasaran yang kini semakin meresahkan warga.

"Pemkab Banggai seharusnya melakukan intervensi pasar dan mengambil tindakan tegas bagi para pedagang maupun sub distributor yang menaikan harga sepihak," pinta Ny Fridayanti dan Halifa.

Sementara harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras, minyak goreng, telur dan daging di pasaran setempat masih stabil dan terkendali.

Beras kualitas terbaik dijual di pasar sekitar Rp10.000/kg, telur ayam Rp1.200/butir, daging sapi Rp90.000/kg dan menyak goreng Rp16.000/kg serta gula pasir mencapai Rp18.000/kg.