Pemkot Data Permukiman Di Sempadan Sungai Palu

id hidayat

Pemkot Data Permukiman Di Sempadan Sungai Palu

Drs Hidayat, MSi (palukota.go.id)

Bulan ini juga saya ingin pendataan masyarakat di sempadan Sungai Palu dilaksanakan agar pemerintah dapat menganalisis kebutuhan lahan untuk relokasi
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, segera melakukan pendataan jumlah warga yang bermukim di sempadan Sungai Palu sebelum direlokasi untuk kepentingan penataan kawasan sempadan sungai yang membelah ibu kota Sulawesi Tengah ini.

Wali Kota Palu Hidayat mengatakan di Palu, Rabu, pendataan masyarakat yang mendiami sempadan Sungai Palu akan dimulai bulan ini guna mempercepat rencana pemerintah kota melakukan penataan kawasan sepadan sungai tersebut.

"Bulan ini juga saya ingin pendataan masyarakat di sempadan Sungai Palu dilaksanakan agar pemerintah dapat menganalisis kebutuhan lahan untuk relokasi," katanya.

Hidayat menyebut pendataan itu akan dilakukan oleh Dinas Penataan Ruang dan Perumahan (DPRP) yang melibatkan beberapa unsur terkait termasuk pemerintah kelurahan.

Pendataan itu tidak hanya meliputi jumlah pemukim di sempadan sungai beserta bangunannya, melainkan juga lahan masyarakat di sempadan sungai yang telah dan belum punya alas hukum kepemilikan.

Hal itu agar Pemkot Palu dapat mengetahui secara detail luasan lahan di sempadan sungai tersebut, yang nantinya akan dibebaskan oleh pihak swasta yang ingin berinvestasi.

"Kami ingin mendapatkan informasi lewat penyediaan data-data yang detail, agar pemerintah memiliki landasan yang tepat dalam rencana pemanfaatan sempadan sungai untuk pembangunan," katanya.

Wali kota menegaskan bahwa pemerintah kota setempat tidak akan melakukan pembebasan lahan dengan menggunakan APBD, melainkan oleh pihak swasta yang ingin berinvestasi, sedangkan Pemkot Palu bertindak sebagai mediator saja.

"Pemkot Palu tidak membebaskan lahan, tetapi Pemkot Palu menyediakan lahan dan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang akan direlokasi ke lahan eks HGB di Talise," jelasnya.