Bantuan dana bergulir PT. Telkom naik 60 persen

id Telkom

Bantuan dana bergulir PT. Telkom naik 60 persen

Manager Human Resources PT Telkom Sulteng Sahran Talasari (kiri) menyerahkan berita acara penyerahan bantuan dana bergulir kepada salah seorang mitra binaan di Palu, Selasa (27/9). (Antarasulteng.com/Basri Marzuki)

Kalau laba Telkom naik, maka dana bergulir untuk UMKM juga akan naik
Palu (Antarasulteng.com) - Bantuan dana bergulir yang rutin disalurkan PT Telekomunikasi Indonesia (Tbk)  Wilayah Sulawesi Tengah naik siginifkan pada triwulan III 2016 dibanding sebelumnya. 

Jumlah dana bergulir yang disalurkan pada triwulan II sebesar Rp840 juta, namun di triwulan III naik menjadi Rp1,3 miliar atau sekitar 60 persen.

General Manager PT Telkom Wilayah Sulawesi Tengah Mohamad Jusran Holle menyatakan di Palu, Selasa, kenaikan itu disebabkan antara lain karena disiplinnya para mitra binaan dalam mengembalikan bantuan dana bergulir yang telah disalurkan sebelumnya.

"Kalau mitra binaan itu disiplin atau patuh pada aturan pengembalian, maka efeknya adalah pada semakin banyak usaha kecil lainnya yang bisa menikmatinya. Bantuan dana ini kan sifatnya bergulir, jadi kalau pergulirannya lancar, maka besaranya juga akan makin besar," kakatanya usai menyerahkan dana bergulir kepada mitra binaan untuk periode III di Kantor Telkom Sulteng.

Selain itu, kata Jusran, penyebab kenaikan dana bergulir itu adalah karena capaian laba perseroan secara nasional. 

"Dana bergulir ini kan disisihkan dari laba bersih perusahaan. Jadi kalau perusahaan mendapatkan laba yang besar, praktis besaran alokasi dana bergulir juga akan lebih besar,” jelasnya.

Jusran yang sebelumnya berdinas di Telkom Maluku itu mengatakan, Telkom terus berkomitmen untuk menjalin kemitraan dengan para pelaku usaha kecil dan menengah. 

"Kita ini perusahaan nasional, kehadiran kita harus memberi manfaat bagi orang-orang yang ada di sekitarnya, tak terkecuali bagi usaha kecil dan menengah,” sebutnya.

Sementara itu Manager Human Resource Telkom Sulteng Sahran Talasari mengungkapkan total realisasi penyaluran dana bergulir Telkom selama 2016 ini sudah mencapai lebih dari Rp3 miliar. Jumlah tersebut mencakup 102 mitra binaan dari berbagai bidang usaha baik industri, jasa maupun perdagangan.

Untuk periode penyaluran triwulan III 2016, disalurkan sebesar Rp1,343 miliar yang mencakup 36 mitra binaan. 

Sebenarnya kata Sahran, ada 39 permohonan yang masuk, namun setelah dilakukan verifikasi, hanya 36 mitra binaan yang memenuhi syarat untuk dibantu dana bergulir.

"Kali ini sektor perdagangan mendominasi penerima bantuan dana bergulir tersebut, yakni sebanyak 28 dari 36 mitra binaan yang mendapatkan dana bergulir tersebut,” imbuh Sahran. (bmz)