KP3 Palu Diminta Awasi Peredaran Pupuk

id pupuk

KP3 Palu Diminta Awasi Peredaran Pupuk

Ilustrasi (antaranews)

Sebetulnya KP3 Kota Palu memiliki fungsi yang sangat strategis, khususnya dalam menolong para petani agar memperoleh pupuk yang dibutuhkan ketika musim tanam berlangsung. Karena dalam dunia kaum tani, peranan pupuk sudah menyatu dalam kehidupannya
Palu,  (antarasulteng.com) - Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kota Palu diminta menjalankan fungsi sebagaimana mestinya dan berperan nyata di tengah masyarakat untuk mengawasi peredaran pupuk kepada petani.

Kadis Pertanian, Kehutanan dan Kelautan Kota Palu Muhlis Abd Umar saat membuka Rakor KP3 di Balai Kota Palu, Rabu, mengatakan KP3 memiliki tugas untuk melakukan pengawasan, pemantauan dan evaluasi terhadap pengadaan, penyaluran, sekaligus harga eceran tertinggi (HET) pupuk bersubsidi.

Muhlis menambahkan KP3 harus berfungsi seperti yang diharapkan karena tugas KP3 sendiri mengandung makna penting dalam menciptakan hasil dan mutu yang produksi petani.

"Sebetulnya KP3 Kota Palu memiliki fungsi yang sangat strategis, khususnya dalam menolong para petani agar memperoleh pupuk yang dibutuhkan ketika musim tanam berlangsung. Karena dalam dunia kaum tani, peranan pupuk sudah menyatu dalam kehidupannya," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak revolusi hijau menggelinding, semua orang mengakui hadirnya benih unggul dan pemupukan yang berimbang, pola tanam, pengairan yang cukup, penyuluhan yang berkualitas dan keberpihakan pemerintah yang jelas.

Pada dasarnya, kata dia, semua itu guna meraih cita-cita pembangunan pertanian yang bermuara pada terciptanya peningkatan produksi/produktivitas dan terwujudnya kesejahteraan petani ke arah yang lebih baik.

"Saya berharap KP3 Kota Palu dalam melaksanakan pengawasan pupuk bersubsidi dan pestisida, dapat tampil dan berkiprah lebih nyata di lapangan. KP3 Kota Palu sudah sewajarnya mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya," tutup Muhlis.