IAIN buka Prodi Perpustakaan dan Informasi Islam

id IAIN

IAIN buka Prodi Perpustakaan dan Informasi Islam

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan IAIN Palu Ubay Harun (Antarasulteng.com/M.Hajiji)

IAIN ingin sejajar dengan PTKIN yang maju di Indonesia pada 2035
Palu (antarasuteng.com) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, segera membuka program studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam pada Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan IAIN Palu, Ubay Harun, menyatakan bahwa Kementerian Agama RI lewat Direkorat Jenderal Pendidikan Islam telah mengeluarkan surat keputusan Nomor : 5193 tahun 2016 tentang izin penyelenggaraan program study ilmu perpustakaan dan informasi Islam pada program sarajana IAIN Palu.

"Iya, IAIN Palu telah sah memiliki prodi ilmu perpustakaan dan informasi Islam lewat SK yang ditetapkan oleh Dirjen Pendis Kemenag tanggal 16 September 2016 di Jakarta," ungkap Ubay Harun.

Kata Ubay Harun, prodi tersebut sangat dibutuhkan dalam pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di provinsi tersebut, yang harus dimiliki dan dibuka oleh perguruan Tinggi Islam tersebut.

Ia menguraikan saat ini Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palu telah memiliki tiga prodi baru yaitu Pemikiran Politik Islam, Prodi Sejarah Kebudayaan Islam dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam.

Dia mengutarakan hadirnya 3 prodi baru tersebut, maka terdapat 8 prodi di FUAD yaitu Prodi Aqidah Filsafat Islam, Ilmu Alquran dan Tafsir, komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam.

"Bimbingan konseling ini berbeda dengan konseling di Fakultas Tarbiyah, dimana konseling Islam lebih pada pembinaan dan peningkatan pengetahuan masyarakat Islam, untuk menyelesaikan problem-problem yang menyelimuti umat," jelasnya.

Selanjutnya FUAD, urai dia, juga memiliki prodi pengembangan masyarakat Islam, yang semuanya merupakan implementasi percepatan realisasi unggul dalam kajian Islam klasik. 

Terkait hal itu Rektor IAIN Palu, Prof. Zainal Abidin M.Ag menguraikan visi yang akan menjadi acuan IAIN yaitu unggul dalam kajian Islam klasik dan sejajar dengan PTKIN yang maju pada tahun 2035.

Untuk mewujudkan visi ini, maka langkah strategis yang dilakukan terfokus pada empat misi utama, yaitu menjadi lembaga pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam akhlakuk karimah.

"Menjadi pusat studi keagamaan yang berbasis kajian Islam klasik, mewujudkan pelayanan akademik, administrasi yang berkualitas dan prima, menjadi lembaga yang maju dan dapat berkompetisi dengan PTKIN yang maju di Indonesia," urainya.