Kapolres Palu Pamit ke Ketua Utama Alkhairaat

id Habib Saggaf, Kapolres

Kapolres Palu Pamit ke Ketua Utama Alkhairaat

Ketua Utama Alkhairaat HS Saggaf bin Muhammad Aljufri menerima cenderamata dari Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda di kediamannya, Kamis (29/9).(mal/yusufsagoba)

“Peredaran narkoba ini harus diseriusi betul,” kata Habib Saggaf.
Palu (antarasulteng.com) – Kapolres Palu, AKBP Basya Radyananda mengunjungi kediaman Ketua Utama Alkhairaat, HS Saggaf bin Muhammad Aljufri, Kamis (29/9), untuk pamit karena masa jabatannya akan berakhir dalam waktu dekat ini.

Basya akan bertugas di tempat baru sebagai Wadansat Brimob Polda Sulteng. Posisinya di Polres Palu akan digantikan AKBP Crhist Reinhard Pusung yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kabupaten Tolitoli. Serah terima jabatan akan berlangsung pada 6 Oktober 2016.

Pada kesempatan itu, Habib Saggaf menyinggung masih lemahnya penegakkan hukum di Kota Palu. Habib mencontohkan masih maraknya penyalahgunaan narkoba. Meski demikian, Habib juga tidak memungkiri besarnya upaya kepolisian dalam memberantas penyalahgunaan narkoba tersebut

“Peredaran narkoba ini harus diseriusi betul,” kata Habib Saggaf.

Habib juga menyinggung maraknya aksi begal. Menurutnya, hal itu disebabkan kurangnya respon pihak keamanan untuk melakukan kontrol di wilayahnya masing-masing.

Namun kata Habib, hal itu bukan sepenuhnya karena kelemahan polisi, melainkan masih minimnya kesadaran hukum masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Sementara Kapolres, Basya Radyananda mengatakan, selama dirinya menjabat, pihaknya sudah berhasil meringkus bandar narkoba yang menjadi target selama ini. Saat itu kata dia, masyarakat sekitar berusaha melakukan perlawanan.

“Seakan-akan ada dukungan dari masyarakat. Di rumahnya ada CCTV,” terangnya.

Terkait begal kata dia, tidak semuanya diberikan penegakan hukum, sebab rata-rata pelakunya masih dibawah umur. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan dan pembinaan.

Dia juga menjelaskan, belum lama ini pihaknya telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu terkait masalah keamanan wilayah. Dalam MoU tersebut telah disepakati untuk membentuk Satgas 5K yang melibatkan lurah, Bhabinkamtibmas, masyarakat dan tokoh masyarakat lainnya.

Sehari sebelumnya, Kapolres didampingi Kepala Urusan (Kaur) Hubungan Masyarakat (Humas), Bripka Kadek Aruna juga melakukan kunjungan ke Kantor Redaksi Media Alkhairaat (MAL) dengan membawa agenda yang sama, yakni berpamitan.***/A055