Kemenag Sulteng Bina 130 Guru Agama Hindu

id kemenag

Kemenag Sulteng Bina 130 Guru Agama Hindu

Kementerian Agama (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan kegiatan Workshop Pembinaan guru pendidikan agama Hindu se Sulteng.

Sebanyak 130 guru yang menjadi peserta dalam kegiatan itu yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu, Jumat, serta dibuka oleh Direktur Pendidikan Agama Hindu Kemenag RI, Ida Bagus Gede Subawa.

Ida Bagus mengatakan peningkatan kualitas guru menjadi hal yang sangat penting di negeri ini. Karena di Indonesia masih banyak anak-anak yang putus sekolah tingkat dasar hingga tingkat menengah.

"Dorong anak-anak kita supaya tidak ada yang putus sekolah dan juga mendorong supaya melanjutkan sekolah menengah pertama, karna amanat Undang-undang pendidikan dasar menjadi tanggungjawab kita semua bukan hanya pemerintah saja," ujarnya.

Menurut Ida Bagus, guru adalah aparatur yang mengabdi di dunia pendidikan yang mempunyai tugas mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Olehnya itu, kompetensi kepribadian dari personal guru harus mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, agar menjadi teladan bagi peserta didik dan berahlak mulia.

Ditambahkannya, dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memasuki era globalisasi, harapan yang sangat tinggi ada pada guru untuk meningkatkan SDM. Sehingga diharapkannya, ke depan SDM harus bisa bersaing dengan tantangan yang semakin kompliks.

"Menjadi suatu kebanggaan seorang guru jika para siswanya bisa pintar dan sukses melebihi para gurunya," ujarnya.

Pembimas Hindu Kemenag Sulteng, Anak Agung Ananta Putra mengatakan pembinaan guru pendidikan Agama Hindu Se Sulteng merupakan program peningkatan sumber daya manusia guru baik PNS maupun non PNS. Hal tu dalam rangka meningkatkan kualitas keagamaan dan dapat memberikan pendidikan agama di sekolah maupun di pasraman.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan wawasan guru agama hindu, agar nantinya menjadi guru yang handal dan mampu berdaya saing dalam memberikan pendidikan kepada anak didik, mempunyai imtaq dan iptek yaitu suatu sikap yang baik sesuai ajaran agama hindu.