Forki Bantah Terima Rp379 Juta Dari Koni

id forki

Forki Bantah Terima Rp379 Juta Dari Koni

Bukti penerimaan bantuan KONI Sulteng kepada Forki senilai 96 juta (ANTARA FOTO/Muhammad Hajiji)

Sejak saya diangkat sebagai bendahara Forki Sulteng, saya hanya menerima bantuan dari KONI Sulteng senilai Rp96 juta, bukan Rp379 Juta
Palu,  (antarasulteng.com) - Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Sulawesi Tengah membantah menerima kucuran dana dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi setempat senilai Rp379 Juta.

Bendahara Forki Sulteng Puspa, di Palu, Minggu menyatakan, dirinya hanya menerima bantuan dana sebesar Rp96 Juta dari KONI Sulteng, pada tanggal 18 Mei 2016.

"Sejak saya diangkat sebagai bendahara Forki Sulteng, saya hanya menerima bantuan dari KONI Sulteng senilai Rp96 juta, bukan Rp379 Juta," ungkap Puspa.

Kata Puspa bantuan dana yang diberikan oleh KONI diperuntukan untuk dua item kegiatan yaitu pengadaan perlengkapan latihan untuk Puslatda dan PON XIX 2016.

Puspa juga mengakui bahwa selain bantuan dana tersebut, KONI Sulteng juga memberikan bantuan senilai Rp50 Juta untuk keberangkatan atlet dan pelatih pada Pra-PON.

"Total bantuan KONI ke Forki hanya senilai Rp146 Juta lebih, selebihnya swadaya pengurus Forki untuk mengikuti berbagai kegiatan kejuaraan termasuk membiayai atlet dan pelatih di PON," ujarnya.

Ketua Umum Forki Sulawesi Tengah Ahmad M Ali, menilai Ketua KONI Sulteng melakukan pembohongan publik. Politisi Partai Nasdem di DPR-RI itu menyatakan selama dirinya menjabat sebagai Ketum Forki, KONI Sulteng hanya memberikan bantuan anggaran senilai Rp50 Juta kepada Forki untuk menuju Pra-Pon di Medan beberapa waktu lalu.

"Jangan mengaku bantu organisasi olahraga seperti Forki, padahal dana Rp379 Juta yang dikatakan Ketua KONI itu tidak benar adanya, kalau memang ada dana itu diberikan ke siapa dana itu dan siapa yang menerimanya," ungkap Ahmad M Ali.

Kata Ahmad Ali dana Rp50 Juta tidak cukup untuk keberangkatan atlet ke Pra-PON, karena tiket pesawat rute Palu-Medan dan Medan-Palu senilai Rp92 Juta.

Sebelumnya Ketua KONI Sulteng Anwar Ponulele, mengatakan selama dua tahun terakhir dari Maret 2015 sampai dengan September 2016, KONI Sulteng telah mengkuncurkan bantuan kepada Pengurus FORKI sebesar Rp379.520.000.-

Dana tersebut adalah bantuan KONI kepada Pengprov FORKI Sulteng untuk mempersiapkan atlet karate dari mulai training centre untuk menghadapi Kejurnas, Musyawarah Provinsi (Musprov) FORKI, kegiatan Pra-PON dan even karate tingkat nasional lainnya.