Bulog Sulteng Kerja Sama Petani Jagung Donggala

id jagung

Bulog Sulteng Kerja Sama Petani Jagung Donggala

Petani jemur jagung (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Bulog Sulawesi Tengah telah menjalin kerja sama dengan petani jagung di Kabupaten Donggala untuk membeli hasil panen sesuai standar harga yang ditetapkan pemerintah.

Kepala Bidang Komersial Perum Bulog Sulteng, Djabiruddin di Palu, Rabu membenarkan beberapa waktu lalu, pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman (MOu) dengan kelompok tani jagung di Kabupaten Donggala.

Bulog akan membeli produksi petani dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah. Harga jagung pembelian Bulog sesuai standar harga pemerintah Rp3.150/kg.

Petani tidak perlu susah lagi menjual hasil panen karena Bulog akan membelinya.

"Berapapun stok yang ada di petani,Bulog siap membelinya," kata dia.

Pembelian jagung oleh Bulog merupakan penugasan dari pemerintah pusat. Ada sekitar 11 komoditi baru yang ditugaskan pemerintah pusat kepada Bulog untuk menanganinya.

Dari 11 komoditi pangan yang akan dibeli dan dijual Bulog, satu di antaranya adalah jagung. Lainnya adalah bawang merah, daging sapi, bawang putih, kedelai,minyak goreng dan telur ayam.

Hingga kini, Bulog baru membeli dan menjual sejumlah komoditi pangan yakni beras, gula pasir, minyak goreng dan bawang merah serta bawang putih.

"Hanya saja untuk minyak goreng, bawang merah dan bawang putih, stoknya sudah lama habis dan akan diadakan lagi," kata dia.

Di pasaran Kota Palu, harga jagung kering dijual pengecer Rp5.000/kg. Di tingkat petani berkisar Rp3.500/kg.