Bisnis "Game Online" di Pelembang Rambah Mal

id mal, game, online, permainan

 Bisnis "Game Online" di Pelembang Rambah Mal

Salah satu jenis game online (ANTARA/Ilustrasi)

Palembang - Bisnis permainan dalam jaringan (game online) yang beberapa tahun terakhir marak di permukiman penduduk Kota Palembang, Sumatera Selatan, kini merambah ke sejumlah mal di kota yang memiliki ikon Jembatan Ampera ini.

Beberapa tempat bermain "game online" di Palembang Indah Mal (PIM) dan Palembang Trade Center (PTC), di Palembang, Minggu (9/9), dipadati anak-anak usia sekolah menengah pertama (SMP) hingga orang dewasa yang memanfaatkan waktu liburan untuk berbelanja sambil bermain di mal tersebut.

Para penggemar permainan itu antre menunggu tempat kosong untuk menikmati berbagai permaian yang ditawarkan oleh pengelola usaha "game online", seperti perang-perangan, ketangkasan, dan bermain bola "Pro Evolution Soccer" yang sedang digemari masyarakat akhir-akhir ini.

Salah seorang remaja penggemar permainan itu, Teddy mengatakan, setiap akhir pekan dia bersama teman-temannya mengisi liburan dengan bermain "game online" di mal PTC itu, karena lokasi bermain yang cukup nyaman, dan layar tv monitornya besar berukuran 32 inchi.

Permainan tersebut sebenarnya sudah ada di rumahnya, namun bermain bersama-sama teman di mal ini lebih seru dibandingkan bermain sendirian, kata penggemar permainan bola "Pro Evolution Soccer" itu.

Salah seorang operator "game online" dan "play station" di mal itu, Wawan mengatakan, peminat permainan tersebut cukup banyak terutama pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, hampir tidak ada tempat kosong sejak buka pukul 10.00 WIB hingga menjelang tutup mal pukul 21.00 WIB.

Pengguna permainan itu, dikenakan biaya sewa Rp10.000 per jam pada setiap hari Senin hingga Jumat, sedangkan pada hari libur atau akhir pekan, dikenakan biaya sewa Rp15.000 per jam.

Penetapan tarif pada hari libur atau akhir pekan lebih besar dibandingkan pada hari biasa, untuk menghindari membludak pemain, dan mengatur pemain tetap banyak pada hari biasa dengan menetapkan tarif yang lebih rendah.

Selain itu, diberlakukan sistem bonus bagi pelanggan yang bermain dua jam sekaligus berupa tambahan waktu bermain setengah jam, sedangkan pelanggan yang telah mengantongi kupon bermain selama delapan jam diberikan gratis bermain selama satu jam, kata operator tempat bermain itu pula. (Y009)