Tour De Central Celebes Tunjang Target Kunjungan Wisman

id TDCC

Tour De Central Celebes Tunjang Target Kunjungan Wisman

Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Mohammad Hamzah)

Tour de Central Celebes tidak sekedar kegiatan bersepeda, tetapi menjadi target dari pemerintah untuk memenuhi capaian kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Sulawesi Tengah pada 2017 mendatang
Palu, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah optimistis kegiatan bersepeda Tour de Central Celebes (TDCC) akan menunjang pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara pada 2017.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemprov Sulteng Bunga elim Somba menyatakan di Palu, Rabu, TDCC menjadi salah satu strategi untuk menggaet pengunjung ke objek-objek wisata di daerah tersebut.

"Tour de Central Celebes tidak sekedar kegiatan bersepeda, tetapi menjadi target dari pemerintah untuk memenuhi capaian kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Sulawesi Tengah pada 2017 mendatang," katanya.

Menurut Elim, dalam TDCC terdapat berbagai kegiatan termasuk iven wisata tahunan di beberapa kabupaten yang menjadi daerah lintasan peserta, misalkan Festival Kepulauan Togean, Festival Danau Poso, dan Festival Pesona Palu Nomoni.

Peserta TDCC, sebut dia, turut serta memacu sepeda melintasi beberapa daerah sebagai lomba yang setiap tim beranggotakan 40 peserta dari dalam dan luar negeri sambil menikmati keindahan objek-objek wisata alam dan bahari di Sulteng.

"Kegiatan TDCC juga mengakomodir olahraga yaitu lomba sepeda yang pesertanya dari dalam dan luar negeri, serta di rangkaikan dengan wisata, sehingga semua peserta akan menikmati objek-objek wisata dan khasanah budaya," sebutnya.

Terkait hal itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulawesi Tengah Sitti Norma Mardjanu menyatakan peserta TDCC sebanyak 1.500 orang akan melintasi lima kabuaten/kota dengan titik star di Kota Ampana dan finish di Anjungan Nusantara Kota Palu.

Ia menguraikan kelima daerah yang akan di lintasi yaitu Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Kota Palu dan Kabupaten Sigi yang berlangsung selama kurang lebih 10 hari.

Dia menjelaskan pemerintah kabupaten/kota yang daerahnya menjadi lintasan peserta TDCC turut serta mempersiapkan berbagai kegiatan di mulai dari kunjungan ke objek wisata, kunjungan ke industri kreatif, serta memperkenalkan tarian dan budaya daerah setempat.

"Jadi di setiap daerah memiliki kegiatan tertentu misalkan Kabupaten Poso mengadakan Festival Danau Poso pada tahun 2017 mendatang yang kemungkinan masuk sebagai rangkaian kegiatan TDCC untuk dinikmati para peserta," urainya.