DPRD Sulteng Dukung Tour De Central Celebes

id TDCC

DPRD Sulteng Dukung Tour De Central Celebes

Sejumlah ibu-ibu memainkan tari Pamonte massal pada karnaval seni budaya pembukaan Kabonena Puanjidi Festival di Palu, Sulawesi Tengah (Mohammad Hamzah)

DPRD lewat Komisi IV mendukung sepenuhnya Tour De Central Celebes 2017 karena banyak memberikan manfaat kepada masyarakat
Palu, (Antarasulteng.com) - DPRD Sulawesi Tengah mendukung rencana pemerintah provinsi setempat untuk melaksanakan iven olahraga dan wisata bersepeda bertajuk Tour de Central Celebes (TDCC) tahun 2017 yang melintas di empat kabupaten dan satu kota.

Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Hj. Zailzulmida Djanggola menyatakan di Palu, Rabu, DPRD sebagai mitra pemerintah daerah setempat mendukung secara politis dan anggaran untuk menyukseskan TDCC yang mengakomodasi oahraga dan wisata serta budaya.

"DPRD lewat Komisi IV mendukung sepenuhnya Tour De Central Celebes 2017 karena banyak memberikan manfaat kepada masyarakat sebagai meningkatkan semangat olahraga, meningkatkan daya saing dan potensi masyarakat," kata istri Gubernur Sulteng Longki Djanggola itu.

Ia mengakui bahwa sebelumnya DPRD Sulteng melalui Komisi IV bersama pemerintah daerah setempat telah bertemu dengan Menteri Pariwisata di Jakarta untuk mengusulkan TDCC masuk dalam kalender kegiatan kepariwisataan nasional.

Alhasil, sebut dia, Kementerian Pariwisata menyetujui dan mendukung usulan pemerintah Sulawesi Tengah menggelar kegiatan tersebut, yang sebagian pesertanya berasal dari ASEAN, Eropa, Amerika, dan Australia.

"Iya, kami berinisiatif bertemu dan menyampaikan hal itu kepada Menteri Pariwisata, karena Sulawesi Tengah adalah daerah yang sangat potensial untuk dikembangkan dari aspek pariwisata untuk mendongkrak pendapatan devisa negar," ujarnya.

Ia menyatakan bahwa pemerintah pusat tidak sekedar mendukung, melainkan memberikan bantuan anggaran untuk pelaksanaan Tour De Central Celebes yang dibiayai lewat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017 mendatang.

Terkait hal itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulteng, Hj. Siti Norma Mardjanu mengakui bahwa Pemerintah Sulawesi Tengah bersama DPRD telah bertemu beberapa kali dengan Menteri Pariwisata bahkan saat ini membangun komunikasi dengan Kementerian Pariwisata mengenai kegiatan tersebut.

Tour De Central Celebes dibiayai oleh APBN dan APBD tingkat provinsi, serta anggaran pemerintah kabupaten dan kota yang dilintasi oleh 1.500 peserta tour menggunakan sepeda dari Ampana, Kabupaten Tojo Unauna menuju Kota Palu.

"Jadi daera-daerah yang dilintasi oleh peserta juga membiayai kegiatan tersebut menggunakan APBD mereka, bahkan kabupaten dan kota melaksanakan kegiatan lainnya untuk menunjang serta memeriahkan kegiatan tersebut," urainya.