Menjadi mantan, Obama hidup santai dengan belajar 'kiteboard'

id obama

Menjadi mantan, Obama hidup santai dengan belajar 'kiteboard'

Barack Obama saat menyapa anak-anak setelah membacakan buku cerita "Where the Wild Things Are" sewaktu masih menjadi Presiden Amerika Serikat. (REUTERS/Jonathan Ernst)

Menjadi mantan presiden Amerika, yang dikelilingi pengawal, tapi Barack bisa benar-benar bersantai dan menikmatinya
Jakarta (antarasulteng.com) - Mantan Presiden AS Barack Obama sedang mencoba beberapa olahraga air yang baru dan seru yang tidak bisa dilakukannya saat masih bertugas di Gedung Putih demi alasan keamanan.

Obama, yang delapan tahun jabatannya sebagai presiden berakhir bulan lalu saat digantikan Donald Trump, belajar kiteboard sambil berlibur minggu lalu di sebuah pulau di Karibia milik miliarder Inggris dan petualang Sir Richard Branson, yang menerbitkan cerita perjalanan mereka, Selasa.

Foto dan video di situs Virgin Group milik Branson menunjukkan mantan presiden, pria yang sudah berselancar seumur hidup, menjajal olahraga yang semakin populer di mana orang naik papan sambil ditarik layang-layang.

"Menjadi mantan presiden Amerika, yang dikelilingi pengawal, tapi Barack bisa benar-benar bersantai dan menikmatinya," tulis Branson.

Obama dan istrinya, Michelle, pekan lalu terlihat berada di Kepulauan Virgin Inggris, dan orang-orang mengunggah foto mereka di media sosial. Branson adalah pemilik Pulau Moskito yang berluas 48 hektar yang adalah bagian dari kepulauan itu.

Kiteboarding terpilih pada 2012 sebagai olah raga untuk dilombakan pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, menggantikan selancar angin. Keputusan itu dikritik karena olahraga itu berbahaya, kemudian keputusan itu dicabut.

Menurut Branson, Obama mempelajari olah raga itu selama dua hari dan menerbangkan layang-layang di pantai, "seperti kembali menjadi anak kecil lagi," sebelum masuk ke laut.

Branson mencoba belajar olahraga serupa, foilboarding, yang menggunakan papan modifikasi yang naik beberapa kaki di atas air. Dia menulis bahwa dia menantang mantan presiden siapa yang pertama kali berhasil melakukannya.

Obama menang, kata dia, dengan kiteboarding sejauh 100 meter.

"Setelah semua yang telah ia lakukan untuk dunia, saya tidak bisa iri atas kemenangan yang memang pantas didapatnya," tulis Branson seperti dilansir Reuters.


Penerjemah: Nanien Yuniar