Pemkab Luwu Utara Respon Pembangunan Jalan Sigi-Sulsel

id sigi

Pemkab Luwu Utara Respon Pembangunan Jalan Sigi-Sulsel

Bupati Kabupaten Sigi Provinsi Sulteng, Drs. Mohammad Irwan Lapatta M.SI bersama Wabup Paulina Martono SE, bertemu dengan Bupati Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulsel Indah Putri Indriani, di Kantor Bupati Kabupaten Luwu Utara. (Humas Setda pemkab Sigi)

Sigi, Sulteng, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, memberikan respon positif terhadap rencana Pemkab Sigi, Sulawesi Tengah, untuk membangun jalan yang menghubungkan kedua kabupaten itu melalui Desa Kalamanta, Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi.

"Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani memberikan respon positif terhadap rencana itu dalam pertemuan kami pekan lalu di Kantor Bupati Luwu Utara di Masamba," ujar Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta yang dihubungi, Selasa.

Dalam pertemuan tersebut, kata Irwan Lapatta, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani berjanji akan memasukkan program pembangunan jalan dari Luwu Utara menuju perbatasan Kabupaten Sigi pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 ini.

"Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani akan memasukkan program pembukaan jalan baru menuju perbatasan dengan Desa Kalamanta, Sigi, dalam APBD 2017," kata Irwan mengutip pernyataan Indah Putri.

Rencana pembangunan jalan tersebut juga telah disampaikan Irwan Lapatta kepada Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat berkunjung ke Kabupaten Sigi, Sabtu (18/2).

Pembukaan jalan raya angtara kedua kabupaten itu akan memecah isolasi ribuah warga yang hidup di daerah pedalaman Kabupaten Sigi

dan Kabupaten Luwu Utara, sehingga pembangunan kesejahterana rakyat di kawasan terpencil itu bisa dipercepat.

Irwan belum merinci berapa panjang jalan yang dibutuhkan untuk membuka isolasi itu, namun memperkirakan mencapai puluhan kilometer.

Karena itu ia juga berjanji akan melibatkan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola untuk mempercepat terealisasinya jalan tersebut jalur ini nantinya akan membuka akses baru antarprovinsi Sulteng dan Sulsel.

"Kami juga akan mengajak Gubernur Sulteng Longki Djanggola untuk bertemu dan membahas rencana ini bersama Gubernur Sulawesi Selatan," ujarnya.

Kunjungan Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta bersama rombongan ke Kabupaten Luwu Utara disambut Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Ketua DPRD Luwu Utara, Ketua-Ketua Fraksi dan Komisi DPRD Luwu Utara, serta kepala-kepala SKPD Luwu Utara.

Usai bertemu, rombongan Bupati Sigi dijamu makan siang di Rumah Jabatan Bupati Indah Putri Indriani.