Selasa, 26 September 2017

Minyak Goreng Curah Di Palu Capai Rp13.000

id minyak
Minyak Goreng Curah Di Palu Capai Rp13.000
Ilustrasi (Fotoantara)
Palu,  (antarasulteng.com) - Harga minyak goreng curah di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah dijual pedagang mencapai Rp13.000/kg, jauh di atas harga acuan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan Rp10.300/kg.

Sejumlah pedagang di Pasar Masomba mengatakan belum mengetahui kalau ada ketentuan baru pemerintah yang menetapkan harga acuan minyak goreng curah.

"Terus terang kami belum tahu kalau standar harga minyak goreng curah yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp10.500/kg," kata Ny Satria, seorang penjual minyak goreng di kawasan Pasar Masomba.

Hal senada juga disampaikan Ny Pandu yang belum mengetahui kebijakan pemerintah menetapkan harga baru minyak goreng curah.

"Kami belum tahu. Kami menjual minyak goreng curah sesuai dengan harga pembelian dari distributor," katanya.

Menurut dia, jika harga distributor turun atau naik, maka pedagang langsung menyesuaikan dengan harga penjualan.

Selama ini, harga minyak goreng curah di pasaran sering berfluktuasi.

Pada Desember 2016, harga sempat naik hingga mencapai Rp14.000/kg, kemudian turun menjadi Rp12.500/kg dan kini naik lagi menjadi Rp13.000/kg.

Harga penjualan distributor saat ini untuk minyak goreng curah Rp233.000/20 liter.

"Jadi kami jual lagi kepada masyarakat Rp13.000/kg," katanya.

Masyarakat di Palu berharap instansi terkait untuk memberikan sosialisasi kepada para pengusaha/distributor dan pedagang terkait standar harga baru minyak goreng yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan.

Sosialisasi sangat penting agar distributor dan pedagang tidak seenaknya menaikan sendiri harga komditi pangan tersebut.

"Kalau sosialisasi sudah dilakukan dan distributor atau pedagang menjual di atas standar harga pemerintah, maka sanksi dapat diberikan kepada distributor dan pedagang nakal," kata Achrul, seorang pengurus DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulteng.

Menurut dia, jika harga minyak goreng curah di pasaran saat ini masih berkisar Rp13.000/kg, sedangkan pemerintah pusat baru beberapa hari menetapkan standar harga baru minyak goreng curah Rp10.500/kg, itu bukan kesalahan distributor atau pedagang.

Karena standar harga pemerintah masih baru ditetapkan sehingga perlu segera diikuti dengan sosialisasi kepada para distributor dan pedagang.

Menyangkut stok minyak goreng, termasuk minyak goreng dalam kemasan, para pedagang mengakui cukup memadai.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga