Warga NU Sulteng Doakan Almarhum Hasyim Muzadi Lewat Tahlil

id nu
Warga NU Sulteng Doakan Almarhum Hasyim Muzadi Lewat Tahlil
Rektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag menyampaikan ceramah pada tahlil malam ke tiga almarhum KH. Ahmad Hasyim Muzadi di sekretariat NU, GP Ansor, IPNU dan IPPNU Sulteng di Jalan Lasoso, Palu Barat, Sabtu (18/3) (Ist)
Palu,  (antarasulteng.com) - Berbagai warga Nahdlatul Ulama di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah mendoakan almarhum KH. Ahmad Hasyim Muzadi pada tahlil malam ke tiga yang berlansung di sekretariat bersama NU, GP Ansor, IPNU dan IPPNU di Jalan Lasoso Palu Barat.

Tokoh-Tokoh NU yang hadir Tahlil ke tiga malam diantaranya Mantan Ketua NU Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag, KH. Abdullah Latopada Kakanwil Menag Sulteng, Rais Suriyah NU Sulteng KH. Djamaluddin Mariadjang, Direktur Pendidikan Diniyah da Pesantren Kemenag RI KH. Mochsen Al-Idrus, Ketua GP Ansor Sulteng Adha Nadjamuddin.

Prof. Zainal Abidin dalam ceramahnya menyatakan berdasarkan catatannya tentang KH. Hasyim Muzadi terdapat tiga hal yang ingin dibangun oleh tokoh nasionalis dan moderat tersebut.

"Ada tiga hal yang ingin dibangun dan telah di laksanakan oleh KH. Hasyim Muzadi berdasarkan catatan saya," ungkap Prof. Zainal Abidin.

Rektor IAIN Palu itu mengatakan pertama KH. Hasyim Muzadi ingin membangun umat, yaitu Hasyim Muzadi ingin mempersatukan umat beragama di Indonesia tanpa membawa atau menonjolkan perbedaan.

"Kalau dalam konteks Islam beliau ingin mempertemukan dan menyatukan NU dan Muhammadiyah, beliau tidak menginginkan dua organisasi besar Islam di Indonesia ini berdebat dan bermusuhan," ujarnya.

Kedua, kata dia, Hasyim Muzadi ingin membangun generasi muda Islam, yaitu beliau menginginkan agar generasi muda Islam harus cerdas, cermat.

"Karena itu seluruh NU baik yang berorganisasi di GP Ansor, IPNU, IPPNU, Fayatat NU, perlu meningkatkan kualitasnya tentang Islam agar tidak mempersoalkan hal-hal yang tidak substansi dalam Islam atau dalam beragama," katanya.

Selanjutnya, urai dia, Hasyim Muzadi ingin menjadikan Islam sebagai agama Rahmatan Lilalamiin di Indonesia, yaitu Islam yang bersahabt dapat bergandengan tangan dengan agama-agama lain.

"Beliau menginginkan agar Islam di Indonesia berintegrasi dengan semua agama, bisa bersahabat dengan semua agama," urainya.

Tahlilan untuk mendoakan Almarhum KH Hasyim Muzadi difasilitasi oleh Gerakan Pemuda Ansor Sulteng yang digelar berturut-turut selama tiga malam dimulai sejak Kamis malam 16/3.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga