Kemajemukan Indonesia dipamerkan di kampus riset bergengsi AS

id indonesia

Jakarta (antarasulteng.com) - Keragaman budaya Indonesia ditampilkan dalam tiga film pada acara bertema "Finding Indonesia, the Beauty of Heterogenous Society" (Menemukan Indonesia, Keindahan Masyarakat Yang Beragam) di kampus Universitas New York, Manhattan, Amerika Serikat.  Universitas New York dianggap sebagai salah satu kampus riset paling berpengaruh di dunia.

Keterangan Indonesia Film Forum - NY, Rabu, menyebutkan pemutaran film ini diselenggarakan dalam rangka Hari Film Nasional pada 25 Maret 2017 dan diselenggarakan oleh Indonesia Film Forum - NY, Konsulat Jenderal RI di New York, Kementerian Pendidikan dan Badan Ekonomi Kreatif.

Tiga film itu terdiri dari dua film pendek dan satu film panjang. Film pertama berjudul "Balik Jakarta" yang mengisahkan perjalanan seorang berkebangsaan Jerman di Jakarta yang sedang mencari alamat rumah yang dulu dia tinggali, hanya berbekal petunjuk foto.

Film kedua adalah tayangan penuh emosi mengenai kudeta politik berjudul "On The Origin of Fear" atau "Awal Mula Ketakutan", sedangkan film ketiga yang berjudul "Mencari Hilal" mengisahkan hubungan ayah dan anak dalam keluarga muslim Indonesia yang berbeda pemahaman.

Pemutaran film Indonesia di New York ini adalah yang ketiga kali diperuntukan bagi masyarakat luas di kota itu.

Film-film ini mengajak para penonton untuk mencari, mengenal, menjelajah dan memperluas pemahaman tentang kehidupan di Indonesia.

"Finding Indonesia" menawarkan wawasan bahwa salah satu keindahan kekayaan Indonesia adalah karena keragaman penduduk, agama, budaya, dan suku bangsa.