Garnita Nasdem Ajak Perempuan Morowali Berpolitik

id nasdem

Garnita Nasdem Ajak Perempuan Morowali Berpolitik

Ketua Garnita Nasdem Kabupaten Morowali, Mutmainah. (Ist)

Palu, (antarasulteng.com) - Gerakan Wanita Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah mengajak perempuan di kabupaten tersebut untuk tidak menutup diri dengan politik.

Ketua Gerakan Wanita Nasdem Morowali, Mutmainah menyatakan di Morowali, Rabu, perempuan jangan memandang politik sebagai maskulin yang menjadikan ruang gerak perempuan didunia politik semakin sempit.

"Politik dipandang dalam kacamata maskulin yang menyebabkan ruang partisipasi perempuan amat kecil. Walaupun ada affirmasi dalam undang-undang, tetapi hal itu belum menjadi suatu kesadaran umum kaum perempuan untuk mengorganisasikan dirinya," ungkap Mutmainah.

Ia memandang perempuan perlu terjun langsung dan bekecimpun didunia politik, sebagai bentuk upaya peningkatan peran dan derajat perempuan dalam pemerintahan dan pembangunan daerah.

Mutmainah mengakui setiap prosesi politik disemua level, peran perempuan belum begitu didengarkan suaranya. Bahkan isu perempuan masih kerap dipinggirkan dalam pembahasan anggaran publik.

"Isu perempuan belum sensitif anggaran, di Morowali, hak-hak perempuan dalam anggaran, terutama kesehatan reproduksi, gizi buruk, dan infrastruktur penunjang kegiatan perempuan belum menjadi aspek dalam kebijakan pembangunan," ujarnya.

Mutmainah mendorong perempuan Morowali sebagai inspirasi kebangkitan dan era baru membicarakan politik. Kita membuka diri bagi perempuan Morowali, baik itu yang bekerja di wilayah publik, dan domestik untuk terlibat dan berfikir kritis tegasnya.

Mutmainah menjelaskan, perempuan yang paling terkena dampak langsung dari suatu kebijakan politik karena beban ganda peran dalam rumah tangga. Beban ganda itu tercermin dari pola rumah tangga perdesaan yang umumnya berada di tangan perempuan.

"Selain bekerja untuk mengasuh dan merawat anak, sebagian besar perempuan juga dipaksa untuk memenuhi kebutuhan nafkah rumah tangga," terangnya.