Pemprov Sulteng : Lansia Berhak Dapat Hidup Layak

id lansia

Pemprov Sulteng : Lansia Berhak Dapat Hidup Layak

Ilustrasi. (FOTO ANTARA/Feri)

Langkah awal yang kami lakukan yaitu memulai pendataan lansia, disemua kota dan kabupaten untuk disentuh dengan program kesejahteraan dari pemerintah
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan lansia atau masyarakat usia lanjut perlu mendapat perhatian untuk kehidupan yang layak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulteng, Norma Mardjanu mengatakan bahwa pemerintan sedang berupaya untuk memperhatikan dan melindungi lansia untuk tetap mendapat kehidupan yang layak.

"Iya, lansia berhak mendapat kehidupan yang layak. Bahkan negara lewat konstitusi perundang-undangan menjamin kesejahteraan lansia," ungkap Norma Mardjanu, Rabu.

Kata Norma Mardjanu saat ini Pemerintah Sulawesi Tengah lewat pihaknya akan segera melakukan pendataan lansia yang selanjutnya akan disentuh dengan program kesejahteraan.

"Langkah awal yang kami lakukan yaitu memulai pendataan lansia, disemua kota dan kabupaten untuk disentuh dengan program kesejahteraan dari pemerintah," ungkap Norma Mardjanu.

Ia menyebut lansia atau perempuan usia lanjut perlu mendapat perhatian pemerintah dari segi kesehatan, ekonomi, sosial dan budaya.

Bahkan, kata dia, penduduk usia lanjut perlu mendapat jaminan untuk tetap mandiri dan produktif secara soail dan ekonomi.

"Ini menjadi tugas kami yang akan dilakoni secara perlahan-lahan, agar masyarakat tetap mendapat perhatian dan layanan dari pemerintah," sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa program perhatian dan pemberdayaan lansia sebagai bentuk upaya untuk menurunkan angka kemiskinan serta angka kematian.