Pemkot Palu Canangkan Tujuh Kampung KB

id kb

Pemkot Palu Canangkan Tujuh Kampung KB

Keluarga Berencana (ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)

Kampung KB merupakan pintu masuk program-program lainnya yang memberdayakan warga masyarakat Palu mulai dari bidang kesehatan, pertanian hingga penataan lingkungan
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mencanangkan tujuh kampung Keluarga Berencana (KB) pada 2017 dalam upaya mengendalikan pertumbuhan penduduk serta mempercepat terwujudnya keluarga yang sejahtera.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Palu drg Farida Inggolo di Palu, Selasa, mengatakan bahwa pencanangan program tersebut merupakan impelentasi program pemerintah pusat dengan slogan "Dua Anak Cukup".

"Kampung KB merupakan pintu masuk program-program lainnya yang memberdayakan warga masyarakat Palu mulai dari bidang kesehatan, pertanian hingga penataan lingkungan," ujarnya.

Mantan Direktur Rumah Sakit Anutapura Palu itu menjelaskan program kampung KB merupakan stimulan bagi masyarakat untuk senantiasa menjaga stabilitas keluarga, termasuk keharmonisan keluarga.

Lewat pencangan program tersebut, masyarakat juga didorong agar selalu berinovasi dalam memanfaatkan potensi ekonomi yang da di sekitarnya.

Salah satunya adalah memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat budidaya pertanian khususnya sayur mayur yang memiliki nilai jual.

"Kampung KB tidak hanya berbicara tentang program keluarga berencana atau pertumbuhan penduduk, tetapi masyarakat juga didorong agar memanfaatkan hal-hal potensial di lingkungan mereka untuk kesejahteraan mereka. Artinya, pemerintah menginginkan masyarakat itu lebih inovatif," tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa sesungguhnya program KB tidak menutup akses bagi masyarakat atau keluarga untuk menghasilkan keturunan atau anak.

"Kita tidak melarang bereproduksi tetapi ada siklus yang harus dijalani. Misalnya perencanaan kehamilan ada rentan waktu yang harus menjadi pertimbangan keluarga. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerentanan. Jangan sampai bayi baru berumur satu tahun, ibunya sudah hamil lagi. Kita harapkan ada siklus yang teratur," tutur Farida.

Saat ini, pencanangan kampung KB sudah terlaksana di empat Kelurahan di Kota Palu setelah dimlai pada 2016 di Kelurahan Kayumalue Pajeko dan Kecamatan Palu Palu Utara.

Tahun ini, setiap kecamatan di kota itu sudah memiliki satu Kampung KB dan pada 2018, tiap kecamatan ada dua kampung KB.

"Pencanangan program ini kami target selesai pada Mei 2017 sebelum memasuki bulan puasa," ujarnya. (skd)