Donggala Bangun PLTU 100 Megawatt Untuk Masyarakat Terpencil

id donggala

Donggala Bangun PLTU 100 Megawatt Untuk Masyarakat Terpencil

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH menyampaikan sambutan pada kegiatan pembinaan dan pelayanan kartu nelayan di Desa Kavaya Kecamatan Sindue, Donggala, Minggu 5/3. (Muhammad Hamzah)

Donggala,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah akan membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berdaya 100 megawatt untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat terpencil.

Bupati Donggala Kasman Lassa menyatakan di Donggala, Minggu pembangunan PLTU 100 megawatt kerja sama dengan PLN Cabang Palu.

"Pembangunan PLTU merupakan salah satu upaya dari Pemkab Donggala menuju kesejahteraan masyarakat dalam kebutuhan energi listrik," katanya.

Kasman mengatakan kabupaten yang dipimpinnya terdapat banyak masyarakat terpencil yang belum menikmati energi listrik secara penuh.

Karena itu, kata Bupati, Pemkab Donggala berupaya mengajak PLN untuk membangun PLTU yang lahannya disediakan oleh pemerintah setempat.

"Iya, Pemkab Donggala menyediakan lahan sekitar 35 hektare untuk pembangunan PLTU 2X50 MW yang terletak di Desa Lero Kecamatan Sindue," ujarnya.

Ia menjelaskan PLTU dengan kapasitas 100 megawatt itu jauh lebih besar dari PLTU yang dibangun oleh PLN dan Pemkot Palu di Kecamatan Tawaeli Kota Palu.

Pembangunan PLTU itu juga sebagai langkah pemerintah untuk menunjang pencanangan Donggala Kota Wisata yang akan dicanangkan pada Agustus 2017.

"Pengembangan sektor pariwisata membutuhkan dukungan sarana dan infastruktur penunjang lainnya, termasuk energi listrik. Karena PLTU diharapkan dapat membantu untuk memaksimalkan Donggala Kota Wisata," sebutnya.