Sabtu, 19 Agustus 2017

Operator telekomunikasi AS uji coba prototipe teknologi 5G

id tower
Operator telekomunikasi AS uji coba prototipe teknologi 5G
Ilustrasi (nokia.com)
Jakarta (antarasulteng.com)  - Sejak menawarkan data LTE yang tak terbatas di jaringannya, operator telekomunikasi Amerika Serikat Verizon seakan semakin bersemangat dengan teknologi terbaru.

Selain menghabiskan dana besar untuk spektrum nirkabel baru, Verizon dilaporkan telah menguji teknologi 5G untuk penggunaan mobile dan stasioner.

Dikutip dari laman GSM Arena, Verizon bekerja sama dengan perusahaan yang berbasis di Swedia, Ericsson, untuk mengembangkan inftastruktur 5G secara luas.

Dalam uji coba, antena 5G dipasang pada mobil balap dan throughput (kecepatan transfer) terus dipantau hingga kecepatan 5+ Gbps dengan kecepatan lebih rendah sekitar 1+ Gbps. Kecepatan download puncak dilaporkan 6Gbps.

Verizon bahkan melakukan uji coba lebih jauh dengan memecahkan jendela mobil dan memberikan pengemudi kacamata VR yang akan menerima umpan dari kamera yang dipasang di atap mobil untuk menguji kecepatan yang jauh lebih cepat.

Kecepatan yang dicapai dalam uji coba tersebut diperkirakan tidak akan terealisasi saat nantinya 5G secara komersial diluncurkan. Untuk saat ini, tes tersebut menunjukkan bahwa Verizon serius dengan 5G-nya, demikian GSM Arena. (skd)

Penerjemah: Arindra Meodia

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga