POC dan BNN Sulteng Komitmen Cegah Penyalahgunaan Narkotika

id BNN

POC dan BNN Sulteng Komitmen Cegah Penyalahgunaan Narkotika

POC Indonesia dan BNNP Sulteng komitmen cegah penyalahgunaan Narkotika. (www.antarasulteng.com/Fauzi)

Ini merupakan kewajiban semua warga negara Indonesia untuk menyatakan perang terhadap narkotika
Palu, (antarasulteng.com) - Komunitas pemilik mobil jenis Pajero atau Pajero Owners Community (POC) Indonesia dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Tengah menyatakan komitmen bersama untuk melakukan pencegahan dalam penyalaghunaan narkotika.

Komitmen itu ditandai dengan penyematan pin penggiat anti-narkotika oleh perwakilan BNN Sulteng, Masnawati Rahman kepada pengurus POC Indonesia Central Sulawesi Chapter (CSC) yang disaksikan oleh Ketua POC Indonesia Joko Triyanto dalam rangkaian kegiatan pengukuhan pengurus POC CSC di Kota Palu, Selasa malam.

"Ini merupakan kewajiban semua warga negara Indonesia untuk menyatakan perang terhadap narkotika," kata Ketua POC Indonesia Joko Triyanto.

Joko menjelaskan dalam setiap kegiatan atau turing yang yang dilakukan oleh POC, selalu ditonjolkan slogan-slogan anti-narkotika karena POC Indonesia juga memiliki slogan `POC bersinar` atau POC Indonesia bersih narkoba.

Bagi Joko, bebas dari penyalahgunaan narkotika merupakan tekad bersama karena hal ini akan selalu dilakukan secara berkala. Apa pun momennya, agar semua anggota paham akan pentingnya bahaya dari penyalahgunaan narkotika.

"Kami juga berniat ada kerja sama dari BNN untuk melakukan training of trainer (TOT) secara berkala, sehingga semuanya memiliki pemahaman yang sama tentang bahaya narkoba," harapnya.

Lebih lanjut, kata Joko, kerja sama yang dibangun dengan BNN di tingkat nasional telah dilakukan sejak satu tahun lalu, namun lebih fokus dilakukan sejak tujuh bulan terakhir, sejak beberapa anggota merasa perlu akan pentingnya bahaya dari narkotika.

"Mulai 2017, setiap momentum yang terbuka selalu dilaksanakan kampanye bahaya narkotika," ujarnya.

Joko menjelaskan POC Indonesia merupakan sebuah komunitas hobi dari mobil Pajero yang didirikan pada tanggal 24 juli 2010. Saat ini telah berkembang menjadi 15 chapter di Indonesia dengan jumlah anggota mencapai 1.420 orang.

Komunitas ini memiliki visi dan misi untuk memajukan pariwisata di Indonesia, dan mengusung misi sosial dan ikut memberikan kontribusi bagi anggota dan mitra sehingga nantinya dapat menjadi komunitas otomotif nomor satu di Indonesia.

Hal senada disampaikan Ketua Central Sulawesi Chapter, Harris Abdullah bahwa komunitas POC di Kota Palu sudah hampir dua tahun lamanya dengan jumlah anggota mencapai 36 orang.

Sementara itu, perwakilan BNN Sulteng, Masnawati Rahman memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh komunitas POC untuk menjadi pelopor dalam kampanye anti penyalaghunaan Narkotika, khsusunya di Sulawesi Tengah.

"Kami sangat berharap, langkah ini dapat diikuti oleh komunitas-komunitas lainnya di Sulteng, sehingga daerah ini bisa bebas dari peredaran gelap narkotika," harap Masnawati. (FZI)