YLK: Pedagang Jangan Jual Makanan Berbahan Pengawet

id ylk

YLK: Pedagang Jangan Jual Makanan Berbahan Pengawet

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (antaranews.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Provinsi Sulawesi Tengah mendesak distributor dan pedagang untuk tidak menjual produk serta makan yang berbahan pengawet kepada konsumen demi kesehatan masyarakat.

Ketua YLK Sulteng, Salman Hadianto mengemukakan di Palu, Kamis, distributor dan pedagang makanan harus tetap memperhatikan dan mengawasi barang atau produk yang didistribusikan kepada konsumen.

"Distributor dan pedagang wajib untuk memperhatikan aspek kesehatan. Karena itu kualitas suatu produk harus benar-benar memenuhi standar kesehatan," ungkap Salman Hadianto.

Kata Salman kualitas dan kesehatan suatu produk baik yang bersumber dari pabrik atau non pabrik sangatlah penting untuk diperhatikan para distributor dan pedagang.

Karena itu, pedagang dan distributor produk wajib untuk memperhatikan ketentuan perundangan-undangan yang mengatur tentang hal itu.

"Hindari menggunakan bahan pengawet dan bahan pewarna yg berbahaya atau tidak resmi serta tidak sesuai ketentuan undang-undang," katanya.

Ia juga meminta kepada konsumen untuk tidak hanya melihat warna atau bagian luar dari suatu produk atau makanan yang diperjualbelikan.

Menurut dia, konsumen harus cerdas. Yaitu perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih dan menggunakan suatu produk atau makan dengan mengutamakan kualitas.

"Kepada konsumen kami imbau untuk selalu cerdas, cermat dan menahan diri dalam membeli produk yang ditawarkan utamanya makanan," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa YLK Sulteng akan memantau dan melakukan pengawasan secara langsung kegiatan jual-beli di pusat-pusat perbelanjaan selama Ramadhan. (skd)