Merkel balas umpatan Trump

id trump

Merkel balas umpatan Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (ka) berjalan dengan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk di Brussels, Belgia, Kamis (25/5/2017). ( REUTERS/Eric Vidal )

Taorimina, Itali (antarasulteng.com) - Kanselir Jerman Angela Merkel menyerang balik kritik keras Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal surplus perdagangan Jerman setelah Trump berkata kepada Uni Eropa bahwa Jerman sangat buruk dalam perdagangan karena kelewat banyak menjual mobil ke AS.

Merkel berkata kepada wartawan bahwa dia sudah menjelaskan kepada Trump pada KTT G7 di Sisilia bahwa surplus itu sebagian karena faktor-faktor di luar kuasa Jerman, selain menitikberatkan penciptaan lapangan kerja di AS berkat sumbangsing investasi langsung Jerman.

Kedua pemimpin sudah sepakat membentuk kelompok kerja yang akan bertukar informasi dalam masalah-masalah hubungan bilateral. Kelompok kerja ini dirancang Jerman untuk mencegah Washington mengenakan hukuman kepada Jerman tanpa didasari gambaran yang utuh mengenai hubungan kedua negara.

Balas membalas kritik antara Trump dan Merkel terungkap setelah media massa Jerman melaporkan bahwa Trump mengkritik keras Jerman dalam pertemuan khusus dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.

Media Jerman melaporkan bahwa Trump telah berkata kepada Juncker dan Tusk, "Lihatlah jutaan kendaraan yang mereka jual ke Amerika Serikat. Mengerikan. Kita harus menghentikan itu." (skd)