Senin, 21 Agustus 2017

BI Bantu Penyelesaian Pendidikan 40 Mahasiswa IAIN

id bank
BI Bantu Penyelesaian Pendidikan 40 Mahasiswa IAIN
Bank Indonesia (antaranews)
Palu,  (antarasulteng.com) - Bank Indonesia perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 40 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu untuk percepatan penyelesaian pendidikan strata satu.

Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Palu Dr. Azma M Mardjun mengemukakan di Palu, Minggu, Bank Indonesia Sulawesi Tengah memberikan beasiswa tahun 2017 kepada mahasiswa IAIN Palu senilai total Rp360 juta.

"Iya, setiap mahasiswa menerima bantuan beasiswa BI senilai Rp9 juta dalam satu tahun. Beasiswa ini diperuntukan kepada mahasiswa dari keluarga ekonomi lemah," kata Azma M Mardjun.

Menurut dia, kerja sama antara IAIN Palu dan Bank Indonesia dalam bentuk bantuan beasiswa tahun 2017 telah ditandatangani atau disepakati pada Rabu (24/5) di Kantor BI Sulteng.

Ia menguraikan setiap mahasiswa penerima beasiswa BI akan menerima bantuan senilai Rp 750 ribu/bulan. Mahasiswa yang berhak menerima beasiswa harus memenuhi kriteria memiliki prestasi akademik, non-akademik, serta berasal dari keluarga ekonomi lemah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan/desa setempat.

"Empat syarat harus terpenuhi untuk mendapat beasiswa tersebut. Selain tiga syarat itu, syarat lainnya adalah tercatat sebagai mahasiswa aktif berorganisasi," ujarnya.

Terkait hal itu Wakil Rektor Bidang Hubungan Kerja sama IAIN Palu Dr. Muhtadin Dg Mustafa mengatakan bahwa kerja sama IAIN Palu dan BI perwakilan Sulteng telah terjalin sejak tahun 2014.

Namun, sebut dia, saat itu beasiswa yang diberikan masih difokuskan kepada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Mahasiswa fakultas lain seperti Ushuluddin Adab dan Dakwah Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) mulai menerima bantuan beasiswa tersebut pada tahun 2015.

"Bantuan beasiswa dari BI tahun 2017 ini sudah termasuk bantuan yang keempat kalinya. Sejak tahun 2015 mahasiswa jurusan lain turut menikmati bantuan beasiswa tersebut," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bantuan beasiswa BI Tahun 2017 jauh lebih besar ketimbang tahun 2016 senilai Rp7 juta/mahasiswa/tahun dengan total Rp280 juta.

"Kami berterima kasih kepada BI Sulteng yang telah membantu mahasiswa dalam pengembangan pengetahuan dan keberlangsungan pendidikan mahasiswa. Tahun 2016 dan tahun 2017 jumlah mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa sama banyaknya namun nilai bantuan naik. Ini merupakan wujud peduli BI Sulteng terhadap pendidikan," terangnya. (skd)

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga