Jasa Raharja Lindungi Penumpang Angkutan Danau Lindu

id jasa, raharja

Jasa Raharja Lindungi Penumpang Angkutan Danau Lindu

Jasa Raharja (antaranews)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tengah telah menjalin kerja sama dengan para pemilik kapal motor penyeberangan yang beroperasi di Danau Lindu, Kabupaten Sigi, untuk melindungi para pengguna jasa bila terjadi kecelakaan.

"Beberapa kapal motor yang ada di Danau Lindu sudah membayar iuran Jasa Raharja sehingga penumpang mereka dijamin mendapatkan santunan jika terjadi kecelakaan di danau," kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulteng Amiruddin Zein yang dihubungi di Palu, Minggu.

Danau Lindu merupakan salah satu daerah tujuan wisata (DTW) yang mulai semakin ramai dikunjungi wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara.

Lagi pula, kata dia, transportasi utama masyarakat yang ada di Kecamatan Lindu dari Kota Palu menuju kecamatan itu adalah transportasi darat dengan menggunakan sepeda motor karena mobil belum bisa masuk karena prasarana jalan yang tidak memungkinkan.

Kemudian beberapa desa di kecamatan itu hanya bisa dijangkau dengan menggunakan perahu motor. Karena itu reisiko kecelakaan cukup besar sehingga untuk memberikan perlindungan asuransi kepada masyarakat (penumpang), Jasa Raharja mengajak para pemilik angkutan untuk bekerja sama.

"Dan syukur, para pemilik kapal motor di Danau Lindu responnya sangat baik dan masyarakat sangat mendukungnya," kata dia.

Masyarakat yang ada di semua desa di Kecamatan Lindu sangat setuju dengan kerja sama itu. Masyarakat tidak keberatan untuk membayar iuran Jasa Raharja yang dikutip oleh pemilik kapal motor penyeberangan.

Kerja sama perlindungan jaminan sosial yang sama juga dilakukan di beberapa pelabuhan, termasuk di wilayah-wilayah terpencil yang selama ini transportasi utama hanya menggunakan perahu motor.

Di Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut ada beberapa pemilik perahu motor yang telah bekerja sama dengan PT Jasa Raharja untuk memberikan jaminan santunan kepada para penumpang.

Pihak Jasa Raharja terus berupaya untuk bisa melindungi masyarakat dengan gencar melaksanakan sosialisasi kepada para pemilik kapal motor dan perahu motor sampai di wilayah-wilayah terpencil di Provinsi Sulteng.

Namun Amiruddin mengaku masih banyak yang belum terjangkau atau terlindungi. Tetapi sudah menjadi komitmen dan tekad dari PT Jasa Raharja untuk memberikan perlindungan jaminan asuransi kepada masyarakat. (skd)