Rabu, 23 Agustus 2017

Warga Kota Palu Diminta Waspada Banjir

id Banjir, BPBD, Palu
Warga Kota Palu Diminta Waspada Banjir
Salah satu ruas jalan di Kota Palu yakni Jalan Muh. Yamin daerah rawan tergenang air hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palu meminta warga waspada terhadap potensi banjir akibat intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir.(FOTO:dokfb)
“Kami minta seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Hal-hal kecil semacam ini bisa memicu terjadinya banjir,”
Palu (antarasulteng.com) –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu meminta warga di kota itu waspada terhadap potensi banjir mengingat intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir meningkat tajam.

Kota Palu sejak siang hingga Sabtu malam masih diguyur hujan lebat, namun hasil pantauan tidak ada peristiwa luar biasa.

BPBD Kota Palu, terus memantau situasi cuaca ekstrim yang melanda kota tersebut.

“Selama 1 x 24 jam kami siaga di Pusdalops Kantor BPBD Palu untuk terus memantau cuaca ekstrim ini,” kata Kepala Badan BPBD Kota Palu, Presly Tambubolon, Sabtu malam.

Ia memaparkan, sejak Maret 2017 pihaknya sudah menerbitkan surat edaran ke semua kelurahan di kota itu agar masyarakat senantiasa waspada terhadap cuaca ekstrim dengan curah hujan cukup tinggi.

Selain itu dia juga mengimbau, agar warga Palu tertib sampah dan rutin membersihkan drainase sebagai wadah tempat mengalirnya air.

“Kami minta seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Hal-hal kecil semacam ini bisa memicu terjadinya banjir,” harapnya.

BPBD Palu, saat ini telah membentuk kader dan relawan di setiap kelurahan sebagai upaya perpanjangan tangan untuk melakukan langkah antisipasi penanggulangan bencana.

Pelibatan masyarakat dalam tim itu diantaranya, para ketua-ketua lembaga adat serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya di masing-masing kelurahan untuk diarahkan lebih cepat memberikan informasi dan langkah partisipasi.

Selain tokoh-tokoh masyarakat tambah Presly, pihaknya berintegrasi lintas sektoral dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkot Palu serta lembaga vertikal lainnya untuk mengantisipasi potensi bencana.

“Kami terus berkoordinasi dengan OPD yang terlibat penanggulangan bencana,” katanya.

Sementara, kepada warga yang bermukim di bantaran sungai agar selalu waspada terhadap ancaman banjir. Karena saat ini cuaca kurang bersahabat dan intensitas hujan juga cukup tinggi.***

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga