Bulog: Bawang Putih Dari Jakarta Belum Dibongkar

id bawang

Bulog: Bawang Putih Dari Jakarta Belum Dibongkar

Harga bawang putih naik (FOTO ANTARA/Anis Efizudin)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Bulog Divisi Regional Sulawesi Tengah Suprianto mengatakan satu ton bawang putih didatangkan dari Jakarta dan telah tiba di Pelabuhan Pantoloan, Palu hingga kini belum bisa dibongkar karena peralatan milik PT Pelindo mengalami gangguan.

"Kami berharap hari ini alat sudah bagus, sehingga satu ton bawang putih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Palu itu bisa dibongkar," katanya, di Palu, Senin.

Suprianto mengatakan Bulog Sulteng mendapat jatah pasokan bawang putih dari pusat sebanyak 20 ton.

Tetapi bawang putih yang sudah tiba di Pantoloan, meski belum dibongkar, baru satu ton. Sisanya 19 ton lagi sedang dalam perjalanan dan diharapkan dalam waktu dekat tiba di Pelabuhan Pantoloan, sekitar 23 km utara dari Palu, ibu kota Provinsi Sulteng.

Pasokan tersebut semata-mata untuk menstabilkan gejolak harga bawang putih hampir melanda semua daerah di Tanah Air, termasuk di Palu dalam beberapa pekan ini. Komoditas pangan itu mengalami kenaikan tajam, sehingga membuat masyarakat gelisah.

Harga bawang putih di pasaran saat ini sudah mulai turun, tetapi masih tinggi, sempat naik mencapai Rp80.000/kg.

Menurut Suprianto, setelah satu ton bawang putih itu berhasil dibongkar, Bulog langsung melepas ke pasar, termasuk mendukung kegiatan pasar murah yang dilaksanakan Bulog Sulteng di Palu dan juga pasar murah dilakukan Pemprov Sulteng dijadwalkan berlangsung dua pekan menjelang Lebaran 2017.

Bulog Sulteng juga terus mengoptimalkan rumah pangan kita (RPK) untuk menjual berbagai produk pangan yang disediakan Bulog.

Di Kota Palu ada sekiar 300 RPK mitra Bulog yang diharapkan bisa membantu mempercepat stabilisasi harga pangan di pasaran, sehingga bisa kembali normal.

Bulog menyediakan sejumlah komoditas yang dijual di RPK itu, antara lain beras, tepung terigu, gula pasir, telur ayam, minyak goreng, bawang merah, dan bawang putih serta cabai.

Khusus cabai, kata dia, Bulog menjual hasil produksi sendiri.

Harga bawang merah di pasaran saat ini berkisar Rp16.000/kg dan bawang putih Rp50.000/kg. (skd)