Strategi Panasonic tekan kesalahan instalasi alat elektronik

id panasonic

Strategi Panasonic tekan kesalahan instalasi alat elektronik

Advisor PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI), Kaname Mizokame, menunjukkan salah satu ruang pelatihan Service Center Panasonic di kantor pusat PGI, Jakarta (ANTARA News/Try Reza Essra)

Jakarta (antarasulteng.com) - PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) menerapkan program-program pelatihan yang mengedukasi para teknisi, terutama untuk pemasangan alat-alat elektronik.

"Permasalahan yang biasanya timbul bukan dari produknya, tetapi dari cara pemasangan, makanya kami punya program pelatihan," kata Advisor PT Panasonic Gobel Indonesia, Kaname Mizokame, saat berbincang dengan ANTARA News di Jakarta, Rabu (7/6).

Ia mencontohkan pemasangan alat pendingin udara (AC), sebagai salah satu produk yang paling banyak dijual oleh PGI.

"Permasalahan yang timbul biasanya AC tidak dingin atau berisik. Padahal produknya baik-baik saja, permasalahan itu terjadi karena kesalahan pemasangan," kata dia.

Mulai Desember 2016 lalu, PGI melaksanakan empat program pelatihan tentang teknik instalasi alat elektronik yang benar dan sesuai standar.

"Pelatihannya masing-masing berlangsung satu hari dari pagi sampai sore yang bisa diikuti oleh teknisi dan petugas-petugas dari manapun," kata Kaname.

Dia menjelaskan, pelatihan diberikan oleh para pelatih bersertifikat yang berjumlah 30 orang di seluruh Indonesia. Pelatihan tidak hanya teori namun juga praktik langsung.

"Tahun 2017 kami berencana melakukan training di 18 kota dari Aceh hingga Manado. Kalau di Jayapura, sudah digelar tahun lalu," demikian Kaname.