Bandara Mutiara Buka Posko Kelancaran Mudik Lebaran

id posko

Bandara Mutiara Buka Posko Kelancaran Mudik Lebaran

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Palu,  (antarasulteng.com) - Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Sulawesi Tengah membuka posko guna kelancaran arus mudik Lebaran menggunakan jasa trasportasi udara.

"Kami sudah siapkan posko, termasuk di antaranya pemeriksaan kesehatan gratis bagi para penumpang maupun masyarakat biasa," kata Kepala Bandar Udara Mutiara Palu, Benyamin Noach Apituley di Palu, Senin.

Kegiatan itu, katanya rutin dilakukan menjelang hari-hari besar keagamaan dan juga Tahun Baru.

Program tersebut merupakan bentuk dari perhatian dan kepedulian pemerintah dalam rangka memberikan layanan angkutan mudik yang memadai dan juga aman serta lancar.

Seperti pengalaman pada hari-hari besar tahun sebelumnya, arus mudik Lebaran akan terjadi seminggu (H-7) hari raya Idul Fitri.

Meski terjadi lonjakan arus mudik mendekati Lebaran, namun masih dapat diimbangi jumlah maskapai penerbangan yang ada saat ini cukup memadai.

Memang penumpang dalam tiga tahun terakhir ini mengalami peningkatan cukup mengembirakan. Misalkan pada tahun-tahun sebelumnya berkisar 800 orang, kini naik menjadi 1.300 penumpang per harinya.

Diperkirakan menjelang Lebaran 2017, penumpang meningkat hingga 3.000 orang per harinya.

Selain memberikan layanan kesehatan gratis di bandara, pihaknya juga meningkatkan pengamanan mulai dari pintu masuk ke bandara guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Dia mengaku sejak peristiwa ledakan bom di Kampung Melayu, pihak Bandara Mutiara Palu langsung melakukan pengamanan lebih ditingkatkan.

Ia juga menambahkan dalam beberapa hari ini, arus penumpang yang diberangkatkan maupun tiba di Bandara Mutiara Palu itu masih normal seperti biasanya.