19 Ton Bawang Putih Tiba Di Palu

id bawang

19 Ton Bawang Putih Tiba Di Palu

Ilustrasi---Bawang Putih (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Sebanyak 19 ton bawang putih yang didatangkan oleh Bulog Sulawesi Tengah telah tiba di Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu guna memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Lebaran 2017.

"Pasokan bawang putih sebanyak itu saat ini sementara dibongkar dan sebagian sudah didistribusikan ke pengecer dan rumah pangan kita," kata Kepala Bidang Komersial Perum Bulog Sulteng Djabiruddin di Palu, Selasa.

Ia mengatakan langkah Bulog mendatangkan komoditas pangan tersebut semata-mata guna mengamankan stok dan menstabilkan gejolak harga bawang ptuih di pasaran yang sebelum puasa mengalami kenaikan cukup tajam.

Bulog mengintervensi dengan menjual bawang putih dengan harapan harga di tingkat pengecer bisa ditekan hingga normal.

"Kami berharap dengan adanya pasokan, harga bawang putih di pasaran turun hingga mendekati batas normal," kata dia.

Harga bawang putih di pasaran saat ini berkisar Rp50 ribu sampai Rp60 ribu/kg. Bulog menjual bawang putih kepada konsumen Rp38 ribu/kg.

Bulog Sulteng juga menjual beberapa komoditas pangan lain seperti beras, minyak goreng, telur ayam, gula pasir, tepung terigu dan bawang merah.

Dalam upaya menekan gejolak harga pangan di pasaran setempat, Bulog gencar memasarkan berbagai jenis komoditas pangan yang ada di gudang Bulog.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Abibakar Almahdali menjamin stok kebutuhan bahan pokok masyarakat menghadapi puasa dan hari raya Idul Firti mencukupi kebutuhan.

"Kami jamin ketersediaan kebutuhan pokok cukup memadai sehingga tidak ada alasan masyarakat untuk melakukan aksi borong sembako karena hal itu justru akan memicu kenaikan harga," kata dia.

Masyarakat tidak perlu membeli sembako dalam jumlah yang berlebihan, sebab stok dijamin aman dan pemerintah berupaya mengendalikan harga.

Harga pangan yang masih tinggi di pasaran adalah bawang putih, tapi Bulog Sulteng telah mengantisipasinya dengan mendatangkan pasokan bawang putih dalam jumlah cukup besar," katanya.

(skd)