Bupati Sigi Minta Tenaga Kesehatan Fokus Tupoksi

id irwan

Bupati Sigi Minta Tenaga Kesehatan Fokus Tupoksi

Bupati Sigi, Irwan Lapata (portalsulawesi.com)

Saya cuma berpesan kepada para tenaga kesehatan, termasuk bidan agar menjalankan tanggung jawabnya
Palu,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta meminta seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah agar tetap fokus pada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta tanggungjawab dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan di hadapan para kepala Puskesmas dan tenaga kesehatan di seluruh Kabupaten Sigi, saat pembukaan Sosialisasi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Jaminan Persalinan (Jampersal) pada salah satu hotel di Kota Palu, Kamis.

"Saya cuma berpesan kepada para tenaga kesehatan, termasuk bidan agar menjalankan tanggung jawabnya," harapnya.

Menurutnya pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat penting di tengah masyarakat sehingga menjadi perhatian, tidak hanya pemerintah daerah, tetapi juga pemerintah pusat.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sigi Rika F. Sakaruddin menyatakan BOK merupakan bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mendukung operasional Puskesmas dalam rangka pencapaian program kesehatan prioritas nasional.

"BOK diharapkan dapat mendekatkan petugas kesehatan kepada masyarakat dan memberdayakannya melalui mobilisasi kader kesehatan untuk berperan aktif dalam pembangunan kesehatan," katanya.

Agar tujuan BOK tersebut tidak tumpang tindih, lanjutnya maka nantinya harus disinkronisasikan dengan program yang ada di daerah, sehingga dinas terkait dituntut segera mempersiapkan perencanaan dan operasionalnya.

"Pengelolaan dana BOK merupakan satu kesatuan sumber pembiayaan operasional untuk pelaksanaan upaya kesehatan bersama, sementara sumber dana lain yang ada di Puskesmas dikelola dengan mekanisme APBD," katanya. (skd)