Realisasi Keuangan Sulteng Lampaui Target

id apbd
Realisasi Keuangan Sulteng Lampaui Target
Ilustrasi (antaranews)
Palu,  (antarasulteng.com) - Realisasi keuangan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah hingga 31 Mei 2017 melebihi target yang direncanakan sebesar 28 persen dari total APBD 2017 yakni sebesar Rp3,5 triliun.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekretariat Provinsi Sulawesi Tengah Yanmart Nainggolan mengatakan realisasi keuangan mencapai Rp1,035 triliun atau sebesar 28,86 persen dari APBD 2017.

"Terdapat realisasi positif sebesar 0.86 persen," katanya saat rapat evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran dan pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Senin.

Rapat yang berlangsung di ruang Polibu kantor Gubernur itu dipimpin langsung Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Yanmart mengatakan realisasi keuangan pada Mei yang mencapai 28,86 persen tersebut meningkat sebesar 12,45 persen dibanding April yang hanya sebesar 16,41 persen.

Dia mengatakan capaian paling signifikan disebabkan oleh belanja tidak langsung dengan realisasi sebesar Rp220,2 miliar.

Selain itu juga terdapat belanja di 30 organisasi perangkat daerah dengan capaian di atas sembilan persen dari bulan sebelumnya khususnya Dinas Bina Marga dan Perumahan Rakyat.

Dengan demikian kata Yanmart, realisasi belanja tidak langsung hingga Mei telah mencapai Rp733,4 miliar dari total belanja tidak langsung sebesar Rp2,2 triliun.

Sementara realisasi belanja langsung sebesar Rp302 miliar dari total belanja langsung sebesar Rp1,3 triliun.

Selain itu realisasi fisik juga melampaui target meski deviasinya kecil.

Yanmart mengatakan target realisasi fisik semula ditarget hanya 29 persen, terealisasi justru 29,15 persen.

Gubernur Longki Djanggola sangat mengapresiasi kinerja organisasi perangkat daerah atas realisasi positif atas anggaran dan fisik tersebut.

Gubernur berharap kepada kepala organisasi perangkat daerah mempertahankan kinerjanya dan semuanya harus sesuai ketentuan perundang undangan.

Longki menyampaikan bahwa dirinya juga selalu merasa bangga atas kinerja realisasi keuangan dan pertumbuhan pembangunan Sulawesi Tengah yang selalu menjadi contoh yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada rapat-rapat nasional.

"Dicontoh Sulteng dapat mempertahankan Pertumbuhan Pembangunan dan capaian realisasi anggaran,"katanya mengutip Presiden. Longki mengatakan dirinya bangga hal itu dan itu semua atas kerja keras seluruh organisasi perangkat daerah. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga