Bi Sulteng Salurkan Bantuan Korban Banjir

id bank

Bi Sulteng Salurkan Bantuan Korban Banjir

Bank Indonesia (BI) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Palu,  (antarasulteng.com) - Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah menyalurkan bantuan bagi korban banjir untuk dua Kabupaten di Sulteng yakni Kabupaten Tolitoli dan Poso.

Kepala Perwakilan BI Sulteng Miyono dalam rilisnya, Selasa, mengatakan bantuan yang diserahkan untuk daerah itu yakni Kabupaten Tolitoli sebesar Rp50 juta dalam bentuk bahan kebutuhan pangan, air mineral, pakaian dan peralatan memasak.

"Bantuan itu diserahkan Sabtu (17/6) lalu, dari dana Program Sosial Bank Indonesia," kata Miyono.

Pemberian bantuan diserahkan di posko bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tolitoli yang diterima oleh Kepala Pelaksana BPBD Tolitoli Usman.

Selain itu, Kepala BI Sulteng selaku Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah Sulteng juga menyerahkan bantuan sosial dari perbankan (BMPD) senilai Rp25 juta yang direalisasikan dalam bentuk barang.

Bantuan untuk Kabupaten Poso, kata Miyono lagi, pihaknya menyerahkan bantuan pada Jumat (9/6) lalu, dari dana PSBI senilai Rp50 juta kepada korban bencana gempa bumi.

Selain itu diserahkan pula bantuan secara simbolis kepada Komunitas Poso Babaca senilai Rp7,8 juta.

Penyerahan bantuan di Poso ikut disaksikan Wakil Bupati Poso Toto Samsuri. Kemudian, penyerahan bantuan berupa barang telah dilaksanakan pada Jumat (16/6) lalu yang dilakukan oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sulteng Indratmoko kepada Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Poso Masdian Mantiri.

"Ini merupakan bentuk keprihatinan kami terhadap musibah yang menimpa masyarakat Tolitoli dan Poso," ujar Miyono lagi.

Lebih lanjut kata Miyono, melihat kondisi lokasi bencana di Tolitoli yang memprihatinkan, perlu upaya mendesak untuk segera ditangani sehingga dalam waktu dekat, BI Sulteng berencana untuk kembali menyalurkan bantuan tahap kedua kepada korban bencana di daerah tersebut. (skd)