Bandara Mutiara Masih Sepih

id Bandara, Mudik

Bandara Mutiara Masih Sepih

Kegiatan embarkasi penumpang oleh Lion Air di Bandara Mutiara Palu. (ANTARA/Rolex)

Benyamin : "Penumpang yang tiba maupun diberangkatkan selama beberapa hari setelah Lebaran belum menunjukkan adanya peningkatan,"
Palu (antarasulteng.com) - Arus balik mudik Lebaran di Bandara Sis Al Jufri Mutiara Palu, Sulawesi Tengah, pasca hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah 2017 berjalan lancar, namun penumpang masih sepi.

"Penumpang yang tiba maupun diberangkatkan selama beberapa hari setelah Lebaran belum menunjukkan adanya peningkatan," kata Otoritas Bandar Udara Mutiara Palu, Benyamin Noach Apituley, Rabu.

Ia mengatakan pasca Lebaran, penumpang yang mudik Lebaran keluar wilayah Sulteng lewat jalur udara dan tiba kembali di Palu dalam beberapa hari ini masih sepi.

Begitu halnya, arus balik dari Palu menuju berbagai kota di Tanah Air yang diberangkatkan melalui Bandara Mutiara Palu hingga kini masih belum menunjukkan peningkatan.

Benyamin memperkirakan arus balik Lebaran baru akan terjadi pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7) karena masa libur panjang untuk PNS dan karyawan swasta akan berakhir Senin (3/7) pekan depan.

Selama dua hari tersebut, sebagian besar pemudik sudah akan kembali ke Kota Palu dan bekerja lagi di kantor dan perusahan-perusahaan yang ada di wilayah Sulteng.

Ia juga mengatakan arus mudik Lebaran kali ini menggunakan jasa transportasi udara mengalami peningkatan cukup mengembirakan dibanding sebelumnya.

Sepekan menjelang Lebaran, rata-rata setiap hari penumpang yang diberangkatkan dari Bandara Mutiara Palu menuju sejumlah kota sekitar 3.000 orang.

Sementara pada hari-hari biasa, jumlah penumpang yang diberangkatkan berkisar 1.300 orang.

Peningkatan tersebut antara lain menunjukkan bahwa tarif tiket yang mahal, bukan lagi menjadi suatu hal yang memberatkan keuangan masyarakat yang mudik Lebaran.

Tetapi mudik Lebaran sudah menjadi suatu keharusan bagi sebagian masyarakat yang memang punya penghasilan lumayan untuk biaya transportasi. Sementara arus balik di dua terminal di Palu hingga kini, juga belum menunjukan adanya peningkatan.

Rata-rata bis angkutan kota antarprovinsi dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) yang tiba maupun diberangkatkan selama beberapa hari ini, banyak tempat duduk yang kosong. Diprediksikan arus balik akan terlihat padat pada 1-2 Juli 2017. ***